Bantuan Bank Dunia ke Ukraina Segera Cair, Ini Daftar Negara yang Ikut Menyumbang

Selasa, 08 Maret 2022 | 10:26 WIB Sumber: Reuters
Bantuan Bank Dunia ke Ukraina Segera Cair, Ini Daftar Negara yang Ikut Menyumbang

ILUSTRASI. Bank Dunia


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Bank Dunia pada hari Senin (7/3) akhirnya menyetujui pemberian paket pinjaman dan hibah senilai US$ 723 juta ke Ukraina. Dana ini diharapkan bisa membantu Ukraina untuk menghadapi invasi Rusia.

Dilansir dari Reuters, paket tersebut terdiri dari pinjaman dasar Bank Dunia senilai US$ 350 juta yang ditambah jaminan dari Belanda dan Swedia senilai US$ 139 juta.

Ukraina juga dipastikan akan menerima dana hibah senilai US$ 134 juta yang diberikan oleh Inggris, Denmark, Latvia, Lituania dan Islandia. Dana itu disediakan para negara sebagai bagian dari dana perwalian yang akan terus menerima kontribusi hibah atas nama Ukraina.

Sementara itu, Jepang juga bersedia menyediakan pembiayaan paralel sebesar US$ 100 juta.

Baca Juga: Google Mendeteksi Aktivitas Hacker Rusia, Belarusia, dan China di Ukraina

Seorang juru bicara Bank Dunia mengatakan bahwa dana itu diharapkan akan ditransfer ke pemerintah Ukraina dalam beberapa hari ke depan.

Bank Dunia mengatakan dukungan dalam program pencairan cepat ini akan membantu pemerintah Ukraina dalam menyediakan layanan publik penting, seperti membayar pekerja rumah sakit, mendanai pensiun dan melanjutkan program sosial lainnya.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan bahwa pihak bank akan berkomitmen untuk mengambil tindakan cepat demi membantu rakyat Ukraina yang menghadapi kekerasan dan gangguan ekstrim yang disebabkan oleh invasi Rusia.

Baca Juga: Bantuan Darurat Bank Dunia ke Ukraina Disebut Bertambah, Mencapai €460 Juta

"World Bank Group mendukung rakyat Ukraina dan kawasan. Ini adalah langkah pertama dari banyak langkah yang kami ambil untuk membantu mengatasi dampak ekonomi dan kemanusiaan yang luas dari krisis ini," ungkap Malpass.

Setelah ini, Bank Dunia akan fokus dalam menyelesaikan program dukungan lain untuk Ukraina dengan nilai mencapai US$ 3 miliar. Program ini diharapkan bisa selesai dalam beberapa bulan mendatang.

Negara-negara yang kini menampung pengungsi asal Ukraina juga akan mendapat perhatian lebih dari Bank Dunia. Diperkirakan ada 1,7 juta pengungsi, sebagian besar adalah wanita, anak-anak, dan orang tua, yang tersebar di sejumlah negara tetangga Ukraina.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru