kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.435   -30,00   -0,19%
  • IDX 7.798   37,20   0,48%
  • KOMPAS100 1.185   9,64   0,82%
  • LQ45 958   6,85   0,72%
  • ISSI 226   2,67   1,19%
  • IDX30 488   3,53   0,73%
  • IDXHIDIV20 589   4,06   0,69%
  • IDX80 134   1,16   0,87%
  • IDXV30 140   2,67   1,94%
  • IDXQ30 163   1,24   0,77%

Barack Obama Jadi Berita Utama DNC, Beberapa Anggota Partai Republik Dukung Harris


Rabu, 21 Agustus 2024 / 09:04 WIB
Barack Obama Jadi Berita Utama DNC, Beberapa Anggota Partai Republik Dukung Harris
Mantan presiden Barack Obama berbicara kepada pemilih sehari sebelum pemilihan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Senin (2/11/2020). Mantan Presiden AS Barack Obama, kembali tampil di panggung nasional pada Selasa malam untuk mendukung Kamala Harris.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  CHICAGO. Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, kembali tampil di panggung nasional pada Selasa malam untuk mendukung sekutunya di Partai Demokrat, Kamala Harris, yang sedang berjuang dalam upaya terakhirnya untuk menjadi presiden melawan kandidat dari Partai Republik, Donald Trump.

Obama, presiden kulit hitam pertama di Amerika, telah mengalihkan pengaruh politiknya yang besar untuk mendukung Harris, yang berusaha mencetak sejarah sebagai wanita pertama sekaligus orang kulit hitam dan Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai presiden AS pada 5 November mendatang.

Obama akan didahului oleh istrinya, Michelle, yang menjadi salah satu nama teratas dalam daftar keinginan Demokrat sebagai calon presiden masa depan.

Baca Juga: Lewat Panggilan Telepon, Barack Obama Ungkapkan Dukungannya Kepada Kamala Harris

Sejumlah anggota Partai Republik yang meninggalkan partai setelah pengambilalihan oleh Trump, ikut hadir di konvensi pada Selasa malam. Mereka termasuk mantan Sekretaris Pers Gedung Putih Trump, Stephanie Grisham, dan mantan pemilih Trump, Kyle Sweetser.

Kemudian di malam hari, Wali Kota Mesa, Arizona, John Giles, yang juga dari Partai Republik, dijadwalkan untuk berbicara.

Grisham menceritakan perjalanannya dari seorang "penganut setia" Trump menjadi staf senior Gedung Putih pertama yang mengundurkan diri setelah serangan oleh pendukung Trump di Capitol AS pada 6 Januari 2021.

"Dia (Trump) tidak memiliki empati, moral, dan tidak setia pada kebenaran," kata Grisham. "Kamala Harris mengatakan yang sebenarnya. Dia menghormati rakyat Amerika. Dan dia mendapat dukungan saya."

Baca Juga: Barack Obama Berikan Sanjungan atas Pengunduran Diri Joe Biden dari Capres Demokrat

Pemilih konservatif yang tidak menyukai Trump menjadi salah satu target yang diharapkan oleh Demokrat. Tantangannya adalah meyakinkan mereka untuk datang ke kotak suara pada bulan November dan memilih Harris, daripada tinggal di rumah atau menulis nama kandidat presiden lainnya.

Kampanye Harris yang masih baru dan minim kebijakan spesifik telah berjalan dengan antusiasme para Demokrat yang merasa lega atas kepergian Joe Biden, presiden yang dicintai namun menjadi beban di usia 81 tahun.

Obama akan menyampaikan pandangannya tentang apa yang akan membawa Harris menuju kemenangan sekaligus memperingatkan Demokrat tentang tugas berat yang mereka hadapi dalam 11 minggu ke depan, menurut sumber yang mengetahui pernyataan tersebut. Mantan ibu negara, Michelle Obama, akan menekankan perlunya negara ini untuk mengakhiri ketakutan dan perpecahan.

Baca Juga: Peserta CPNS Wajib Tahu, Cara Cek NIK KTP Terdaftar Anggota Partai Politik di KPU

Senator AS Bernie Sanders, Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer, Gubernur Illinois J.B. Pritzker, dan suami Harris, Douglas Emhoff, juga akan berbicara.

Trump dan pasangannya untuk wakil presiden, JD Vance, sedang melakukan tur di negara bagian penting minggu ini untuk mengalihkan perhatian dari konvensi di Chicago dan menyoroti perbedaan kebijakan Trump dengan Harris.

Dalam sebuah kampanye di Howell, Michigan, Trump mengulangi klaim yang tidak didukung bahwa Harris mengambil pendekatan permisif terhadap penegakan hukum.

"Kamu tidak bisa berjalan ke seberang jalan untuk membeli roti. Kamu ditembak, dirampok, diperkosa," kata Trump.

Baca Juga: 3 Partai Siap Dukung Hak Angket Dugaan Pemilu 2024 Curang, Apa Itu Hak Angket?

Trump berbicara satu bulan setelah supremasi kulit putih berkumpul di kota kecil tersebut. Trump sendiri telah membuat pernyataan rasis tentang Harris.

Harris dan pasangannya sebagai calon wakil presiden, Gubernur Minnesota Tim Walz, melakukan perjalanan ke Milwaukee pada Selasa untuk menggelar kampanye di tempat yang sama dengan Konvensi Nasional Partai Republik bulan lalu, di mana Trump secara resmi menerima nominasi partainya.

Pidato Harris akan disiarkan langsung ke United Center di Chicago, sebuah arena bola basket dan hoki yang menjadi tempat konvensi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×