kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Bayar utang Pemex, Meksiko pertimbangkan pakai dana stabilisasi pendapatan publik


Jumat, 22 Maret 2019 / 17:47 WIB
Bayar utang Pemex, Meksiko pertimbangkan pakai dana stabilisasi pendapatan publik

Reporter: Filemon Agung | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - ACAPULCO. Wakil Menteri Keuangan Meksiko Arturo Herrera mengungkapkan pada Kamis (21/3) pemerintahan sedang mempertimbangkan penggunaan dana stabilisasi pendapatan publik sebesar US$ 15,4 miliar untuk membayar beberapa kewajiban utang untuk perusahaan minyak negara, Pemex.

“Kementerian Keuangan sedang mengerjakan rancangan baru untuk mengatasi siklus pendanaan,” ungkapnya ketika diwawancarai stasiun TV ADN 40 dalam konferensi perbankan di Acapulco.


Permasalahan kesehatan keuangan Pemex menjadi tantangan utama bagi Presiden Andres Manuel Lopez Obrador sejak menjabat pada Desember 2018. Perusahaan memiliki utang finansial sebesar US$ 106 miliar atau yang terbesar diantara perusahaan minyak negara di Amerika Latin.

“Kami ingin merancangnya seperti pendanaan tambang di Chile, sumber daya tidak digunakan ketika pemerintahan menginginkan melainkan ketika dibutuhkan secara ekonomi. Dalam kondisi ekonomi yang berkelimpahan, kita dapat menginvestasikan dana pada sumber daya yang ada,” jelasnya.

Berbeda dengan negara-negara Amerika Latin lainnya, Chile memang memiliki dua Dana Investasi Berdaulat (Sovereign Wealth Fund) yang berfungsi untuk dana pensiun dan sumber pendanaan cadangan ketika kondisi ekonomi memburuk.

Ia menambahkan sebagai cadangan pendanaan, kami ingin menggunakan dana yang ada untuk membayar kewajiban utang Pemex.

Pemex memiliki utang sekitar US$ 16 miliar dengan tenggat pembayaran diakhir tahun. Herrera bilang margin besar pendanaan Meksiko dapat digunakan untuk membantu Pemex.

Ia mengungkapkan dalam dua atau tiga pekan ke depan, diharapkan sudah ada pengumuman terkait penggunaan dana stabilisasi pendapatan publik yang berada pada kisaran 290 miliar peso atau sekitar US$ 15,4 miliar.

Berangkat dari dampak yang tinggi serta beban utang yang ada, lembaga pemeringkat Fitch menurunkan peringkat utang Pemex satu level di atas junk status (status sampah).

Pada Februari lalu, pemerintah Meksiko ke depannya berjanji menguatkan keuangan Pemex dan mencegah penurunan utang dengan menyuntikkan dana sebesar US $3,9 miliar. Sebagian besar investor melihat rencana tersebut hanya bersifat jangka pendek.



TERBARU

[X]
×