kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BBC World News dilarang mengudara di China, apa yang terjadi?


Jumat, 12 Februari 2021 / 06:10 WIB
BBC World News dilarang mengudara di China, apa yang terjadi?
ILUSTRASI. Saluran televisi Inggris BBC World News pada hari Jumat (12/2/2021) dilarang mengudara di China. REUTERS/Neil Hall


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Saluran televisi Inggris BBC World News pada hari Jumat (12/2/2021) dilarang mengudara di China. Ini terjadi selang seminggu setelah regulator media Inggris mencabut lisensi televisi pemerintah China untuk siaran di Inggris Raya.

Reuters memberitakan, Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan penyelidikan menemukan laporan BBC World News terkait China telah secara serius melanggar peraturan, termasuk bahwa berita harus jujur ​​dan adil. Disebutkan pula, siaran BBC World News telah merugikan kepentingan nasional negara dan merusak persatuan nasional.

Oleh karena itu, saluran tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk saluran asing di China dan penerapannya untuk mengudara selama satu tahun lagi tidak akan diterima.

BBC World News berbahasa Inggris tidak termasuk dalam sebagian besar paket saluran TV di China, tetapi tersedia di beberapa hotel dan tempat tinggal.

Baca Juga: China sebut asal usul corona di Wuhan berasal dari kepala babi yang dibekukan

Dua jurnalis Reuters di China mengatakan saluran televisi itu terlihat kosong di layar mereka.

Tindakan China itu langsung mendapat kecaman  Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dan Departemen Luar Negeri AS. Sementara pihak BBC mengatakan pihaknya kecewa.

“Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan adalah pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima,” kata Raab seperti yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Ketegangan AS-China di Laut China Selatan capai titik tertinggi, ini pemicunya!

Dia menambahkan, “China memiliki beberapa pembatasan paling parah atas kebebasan media dan internet di seluruh dunia, dan langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia.”




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×