kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berhasil melewati badai krisis di Asia Tenggara (2)


Jumat, 12 April 2019 / 09:30 WIB
Berhasil melewati badai krisis di Asia Tenggara (2)


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tri Adi

Krisis ekonomi di tahun 1990-an menjadi ujian bagi para pebisnis terutama yang berada di Asia Tenggara. Tak banyak yang berhasil melewati mulus apalagi di dunia perbankan. Di saat banyak yang menjual bank, Krit Ratanarak malahan bisa menyelesaikan rekapitalisasi bank miliknya. Hasilnya Bank of Ayudhya menjadi salah satu perbankan papan atas di Thailand. Perusahaan asing juga memiliki saham di bank yang nilai pasarnya lebih dari US$ 7,2 miliar ini.

Pebisnis yang andal, akan teruji saat bisa melewati badai krisis perekonomian. Banyak pengusaha Asia Tenggara yang harus menghadapi krisis ekonomi terbesar sepanjang sejarah di awal 1990-an silam.

Mereka yang lolos dari krisis bisa meraih kesuksesan. Nah, salah satunya Krit Ratanarak seorang miliarder dunia asal Thailand ini menjadi salah satu pengusaha yang bisa lolos dari jeratan krisis ekonomi dan bisnisnya semakin membesar.

Krit Ratanarak merupakan seorang warga Thailand yang masuk ke dalam daftar miliarder dunia versi majalah Forbes. Di daftar tersebut, Krit menempati peringkat ke-1.057 orang terkaya dunia. Sedangkan dalam skala Thailand, Krit merupakan orang terkaya keenam. Forbes mencatat kekayaan Krit hingga kini mencapai US$ 1,9 miliar.

Krit terbilang sukses merambah banyak bidang usaha. Saat ini, krit memimpin Bangkok Broadcasting & Television Company (Channel 7). Ia juga memimpin perusahaan di bidang keuangan seperti Bank of Ayudhya, Krungsri Bank, Allianz Ayudhya, Sri Ayudhya Capital, dan Matching Studio. Termasuk perusahaan semen ternama di Thailand yakni Siam City Cement.

Bayangkan ia berhasil melewati badai krisis dengan membawa perusahaan yang dirintis oleh ayahnya dalam krisis ekonomi tahun 1997 silam.

Krit memang lahir dari suratan tangan orang sukses. Ayahnya merupakan pebisnis ternama Thailand, Chuan Ratanarak. Imigran asal Tiongkok yang kemudian menjadi warga negara Thailand. Di peta bisnis Thailand, Chuan merupakan seorang bankir ternama.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×