Berkshire Hathaway bukukan kenaikan pendapatan pada kuartal I 2021

Minggu, 02 Mei 2021 | 14:41 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Berkshire Hathaway bukukan kenaikan pendapatan pada kuartal I 2021

ILUSTRASI. Warren Buffett berpidato di hadapan para pemegang saham pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway Inc, yang disiarkan hampir karena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19), di Omaha, Nebraska 2 Mei 2020.


KONTAN.CO.ID -  LOS ANGELES.  Berkshire Hathaway kembali akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)  2021 untuk memaparkan kinerja perusahaan selama setahun. 

RUPST ini juga menjadi kesempatan bagi CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dan Wakil Ketua Charlie Munger untuk bertemu dengan Wakil Ketua Gregory Abel dan Ajit Jain yang dipercaya akan menjadi penerusnya.

Mengutip dari barrons, pendapatan operasional perusahaan di kuartal pertama naik 26% yoy menjadi sekitar US$ 4.577 per saham kelas A dengan kekuatan di bisnis kereta api, utilitas, dan energi dan penjaminan asuransi yang lebih baik.

Penghasilan total perusahaan mencapai  US$ 11,7 miliar pada kuartal pertama. Hal ini mencerminkan keuntungan yang direalisasikan dan yang belum direalisasi dalam portofolio investasi Berkshire. 

Baca Juga: Warren Buffett ungkap penyesalan terbarunya di sejumlah investasi Berkshire

Sebelumnya, Berkshire mengalami kerugian US$ 30.653 per saham kelas A pada kuartal pertama tahun 2020 yang disebabkan oleh kerugian investasi sebesar US$ 54,5 miliar ketika pasar saham turun tajam.

Warren Buffett memberi tahu investor untuk fokus pada pendapatan operasi dan tidak termasuk keuntungan yang dapat mendistorsi total keuntungan secara keseluruhan.

Angka pembelian kembali saham bukanlah kejutan besar untuk menutup pengikut Berkshire karena perusahaan melaporkan jumlah saham dalam proxy April yang menunjukkan pembelian kembali sekitar US$ 5 miliar dari akhir tahun 2020 hingga 3 Maret.

Namun, banyak investor yang tertarik dengan pembelian kembali sebagai tanda kedekatan Buffett dengan saham tersebut. Dia mengatakan bahwa Berkshire akan sadar harga dalam pembeliannya kembali.

Buffett dan Charlie Munger kemungkinan akan mendapatkan pertanyaan dari pemegang saham tentang program pembelian kembali dan banyak topik lainnya pada pertemuan tahunan perusahaan tersebut.  

Baca Juga: Buffet Mengkritik Robinhood telah Mengubah Suasana Bursa Menjadi Kasino

Timbunan kas dan setara Berkshire naik pada kuartal pertama menjadi US$ 145 miliar atau naik 5% yoy. Ini menunjukkan bahwa Buffett masih memiliki banyak uang untuk akuisisi besar-besaran.

Berkshire telah diuntungkan dengan kondisi pembukaan kembali unit usahanya karena kepemilikannya atas banyak bisnis yang sensitif secara ekonomi, yang dipimpin oleh rel kereta api Burlington Northern Santa Fe. Laporan pendapatan menunjukkan bahwa banyak bisnis Berkshire merespons ekonomi yang lebih baik.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru