Bernard Arnault, Sosok Orang Terkaya di Muka Bumi yang Profilnya Jarang Diketahui

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:51 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Bernard Arnault, Sosok Orang Terkaya di Muka Bumi yang Profilnya Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Pemegang gelar orang terkaya dunia saat ini adalah Bernard Arnault. REUTERS/Christian Hartmann


KONTAN.CO.ID - Jika ada pertanyaan yang dilayangkan ke sejumlah orang tentang siapa orang terkaya di dunia, kemungkinan besar banyak yang akan menjawab Elon Musk, Bill Gates, Warren Buffett, atau tokoh bisnis Amerika lainnya. 

Memang, warga Amerika telah memegang gelar itu hampir secara eksklusif selama beberapa dekade terakhir.

Namun, kini tidak lagi. Pemegang gelar orang terkaya dunia saat ini adalah Bernard Arnault. Dia merupakan warga Prancis yang menjalankan kerajaan bisnis barang mewah terbesar di dunia. 

Perusahaannya, Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH) memiliki segalanya, mulai dari Louis Vuitton dan Sephora hingga Hennessy dan Marc Jacobs.

Mengutip Benzinga, Arnault lahir di Prancis pada tahun 1949 dari keluarga kaya dan memulai kariernya dalam bisnis konstruksi keluarganya yang sukses. 

Pada tahun 1984, Boussac Saint-Freres, pemilik Christian Dior, bangkrut dan sedang mencari pembeli. Setelah mengumpulkan dana sebesar US$ 15 juta dari tabungannya sendiri, Arnault berhasil menghimpun dana senilai US$ 80 juta yang dibutuhkan untuk membeli Boussac Saint-Freres, kemudian berfokus untuk mengubah Christian Dior menjadi perusahaan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Rumah Mode Dior Punya Pemimpin Baru, Siapa Dia?

Setelah beberapa tahun berhasil mengembangkan Dior, Arnault mengincar perusahaan raksasa mewah lainnya: LVMH. Pada tahun 1989, Arnault menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan konglomerat barang mewah tersebut. Dan dia secara resmi menciptakan grup produk mewah terkemuka di dunia, menurut situs web LVMH.

Sejak saat itu, LVMH terus membeli lusinan merek mewah di bidang pakaian, cologne dan parfum, alkohol, jam tangan, dan perhiasan. 

Saat ini, LVMH memiliki 75 merek mewah dari Tiffany & Co. hingga Marc Jacobs, sehingga menjadikannya merek mewah paling berharga di dunia.

Apa yang membuat Arnault menjadi orang terkaya di muka bumi? 

Dia memiliki 97,5% saham di Christian Dior SE, yang menguasai 41,2% LVMH. Mengingat kapitalisasi pasar LVMH saat ini sebesar US$ 426 miliar, hal ini menempatkan nilai sahamnya hampir mencapai US$ 175 miliar. 

Baca Juga: Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Dunia, Ini Penggantinya

Profil Bernard Arnault

Melansir Forbes, berikut profil singkat Bernard Arnault dan keluarga:

Per 24 Januari 2023, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya lebih dari US$ 212,5 miliar.

  • Usia: 73 tahun
  • Sumber Kekayaan: LVMH
  • Tempat tinggal: Paris, Prancis
  • Kewarganegaraan: Prancis
  • Status pernikahan: Telah menikah
  • Anak-anak: 5
  • Pendidikan: Sarjana Seni/Sains, Ecole Polytechnique de Paris

Baca Juga: Kehilangan Hampir Rp 3.000 Triliun, Nama Elon Masuk Guinness World Record

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru