Besok Pagi, Venus dan Bulan Sabit Bakal Terlihat Berdampingan di Langit

Rabu, 24 Agustus 2022 | 13:45 WIB   Penulis: Arif Budianto
Besok Pagi, Venus dan Bulan Sabit Bakal Terlihat Berdampingan di Langit

ILUSTRASI. Besok Pagi, Venus dan Bulan Sabit Bakal Terlihat Berdampingan di Langit.


KONTAN.CO.ID - Besok pagi (25/8), planet Venus dan Bulan bakal terlihat berdampingan. Bulan yang memasuki fase Bulan Sabit bersinar di dekat Venus yang cerah 40 menit sebelum Matahari terbit di pagi hari.

Pertunjukan menarik di atas langit Bumi sepertinya masih belum usai di bulan Agustus 2022. Pada pertengahan bulan ini, Anda bisa menyaksikan fenomena astronomi hujan meteor Perseid yang hampir setiap tahun muncul.

Dikutip dari Earthsky, planet Mars juga terlihat lebih cerah dan tampak lebih merah saat berpacu menuju opsisi pada 8 Desember 2022 mendatang.

Tidak hanya itu saja, Saturnus, Jupiter dan Venus juga tampak bersinar di atas langit pada bulan ini.

Earthsky membagikan informasi mengenai planet-planet di Tata Surya yang terlihat pada bulan ini. Termasuk Venus yang bakal terlihat besok pagi (25/8). 

Baca Juga: Ada Aurora di Jupiter, Begini Potret Terbaru Planet Terbesar di Tata Surya

ILUSTRASI: Planet Venus

Penampakan Venus berdampingan dengan Bulan yang memasuki fase Bulan Sabit. Anda dapat menemukan penampakan Venus dan Bulan Sabit pada pagi hari 40 menit sebelum Matahari terbit.

Sekadar informasi tambahan, Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Karena kedekatannya ini, Venus kerap kali terlihat di atas langit Bumi.

Asal Anda tahu, Venus selalu tampak lebih cerah daripada bintang lain (selain Matahari). Apabila Anda menengok ke atas langit, cahaya yang paling cerah kemungkinan bukanlah bintang, melainkan Venus.

Baca Juga: Mengapa Bintang Terlihat Berkelap-kelip di Atas Langit Malam? Ini Penjelasannya

Penampakan Venus pada pagi hari membuat planet ini punya julukan Bintang Fajar. Namun, Venus juga dapat berubah menjadi Bintang Senja ketika terlihat di sore hari.

Lalu, bagaimana cara menemukan Bintang Fajar ini yang berdampingan dengan Bulan Sabit pada besok pagi?

Mengingat Bulan memasuki fase Bulan Sabit, kemungkinan dapat ditemukan di arah timur. Anda mungkin dapat berfokus ke arah timur di atas langit untuk menemukan Bulan Sabit yang berdampingan dengan Venus.

Bulan Sabit juga menandai bahwa fase selanjutnya akan menuju Bulan Baru.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat pertunjukkan menarik ini, segera bergegas bangun sepagi mungkin sambil melihat ke arah timur di atas langit.

Temukan Bulan Sabit atau cahaya yang tampak paling bersinar dari bintang lain yang menunjukkan bahwa itu adalah Venus.

Editor: Arif Budianto

Terbaru