kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biden dan Putin akan Berbicara di Tengah Ketegangan yang Meningkat di Ukraina


Sabtu, 12 Februari 2022 / 15:36 WIB
Biden dan Putin akan Berbicara di Tengah Ketegangan yang Meningkat di Ukraina
ILUSTRASI. Ukraina. REUTERS/Gleb Garanich


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Joe Biden dan Vladimir Putin akan berbicara pada Sabtu ketika negara-negara Barat memperingatkan bahwa perang di Ukraina dapat meletus kapan saja.

Putin meminta panggilan telepon antara para pemimpin dilakukan pada hari Senin, kata seorang pejabat Gedung Putih, tetapi Biden ingin melakukannya lebih cepat karena Washington merinci laporan yang semakin jelas tentang kemungkinan serangan terhadap Ukraina.

Australia dan Selandia Baru pada hari Sabtu bergabung dengan negara-negara yang mendesak warganya untuk meninggalkan Ukraina, setelah Washington mengatakan invasi Rusia, termasuk kemungkinan serangan udara, dapat terjadi kapan saja.

Moskow telah berulang kali membantah versi peristiwa Washington, dengan mengatakan pihaknya telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina untuk menjaga keamanannya sendiri terhadap agresi oleh sekutu NATO.

Baca Juga: Perang Bisa Meletus Kapan Saja, Ini Asal Mula Pertikaian Rusia dan Ukraina

Putin, yang berebut pengaruh di Eropa pasca-Perang Dingin, mencari jaminan keamanan dari Biden untuk memblokir masuknya Kyiv ke NATO dan penempatan rudal di dekat perbatasan Rusia. Washington menganggap banyak proposal sebagai non-starter tetapi telah mendorong Kremlin untuk membahasnya bersama-sama dengan Washington dan sekutu Eropanya.

Namun, Biden, yang akan bergabung dalam panggilan akhir pekan dari retret kepresidenan di lereng gunung di Camp David, Maryland, telah lama percaya bahwa keterlibatan satu lawan satu dengan Putin mungkin merupakan peluang terbaik untuk resolusi.

Dua panggilan pada bulan Desember antara Biden dan Putin tidak menghasilkan terobosan tetapi mengatur panggung untuk diplomasi antara para pembantu mereka. Kedua pemimpin belum berbicara sejak itu, dan diplomat dari kedua belah pihak telah berjuang untuk menemukan titik temu. Pembicaraan empat arah di Berlin antara Rusia, Ukraina, Jerman dan Prancis pada Kamis tidak menghasilkan kemajuan.

Putin juga berencana untuk berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Sabtu, menurut kantor berita Rusia TASS.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×