Bidik dana segar US$ 1 miliar, bisnis kemasan SCG Thailand berencana IPO

Senin, 28 Oktober 2019 | 16:29 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Bidik dana segar US$ 1 miliar, bisnis kemasan SCG Thailand berencana IPO

ILUSTRASI. Pelaporan kinerja Perusahaan Siam Cemen Group (SCG), di Bangkok, Thailand, Selasa (30/4), dokumentasi SCG. Siam Cement Group (SCG), luncurkan produk sanitasi modern COTTO di pasar Indonesia


KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Siam Cement Group (SCG) Thailand berencana mengantarkan anak usahanya yang bergerak di bidang kemasan melantai di bursa saham lewat Initial Publik Offering/IPO dan mengincar dana segar US$ 1 miliar.

Sumber Reuters yang mengetahui rencana mengatakan, rencana IPO SCG Packaging Plc tersebut kemungkinan akan diumumkan awal minggu ini.

Dana hasil IPO akan digunakan untuk mendukung strategi ekspansi regional yang akan dilakukan perusahaan itu. "Siam Cement telah mempertimbangkan opsi untuk bisnis ini dan IPO adalah langkah selanjutnya,"ujar sumber Reuters tersebut dikutip Senin (28/10).

Baca Juga: Pendapatan Fajar Surya Wisesa (FASW) turun 14,50% akibat penjualan ekspor yang anjlok

Saat dikonfirmasi Reuters, SCG enggan memberikan jawaban. SCG Packaging merupakan perusahaan induk untuk bisnis pengemasan, pengemasan kertas, kehutanan, pulp dan kertas dari konglomerat industri terbesar di Thailand itu.

SCG yang menguasai 99% saham SCG Packaging menargetkan persiapan IPO itu akan dilakukan pada Desember dan akan terealisasi pada paruh pertama tahun 2020.

IPO yang direncanakan SCG Packaging datang pada saat minat investor baru pada IPO Thailand, didukung oleh ekspektasi pertumbuhan di negara itu dan potensi ekspansi di Asia Tenggara.

SCG Packaging telah menikmati pertumbuhan bisnis yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, pendapatan dari penjualan naik 7% menjadi 87 miliar baht ($ 2,88 miliar) dan laba melonjak 37% menjadi 6 miliar baht.

Baca Juga: Bantu UMKM go online, Ralali.com gerakkan ratusan ribu agen

Ini adalah yang tertinggi dalam sembilan tahun, menurut laporan tahunan SCG Packaging.

Pada bulan Mei, SCG mengakuisisi 55% saham di perusahaan kertas Indonesia, PT Fajar Surya Wisesa Tbk dari pemegang saham yang ada seharga $ 665 juta.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru