CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Bikin Tegang, Korea Utara Tembak 3 Rudal Balistik Sekaligus


Kamis, 12 Mei 2022 / 18:40 WIB
Bikin Tegang, Korea Utara Tembak 3 Rudal Balistik Sekaligus
ILUSTRASI. Sebuah rudal diluncurkan dengan media pemerintah melaporkan sebagai uji coba rudal hipersonik di lokasi tak disebutkan di Korea Utara, Selasa (11/1/2022) dalam foto yang dirilis KCNA, Rabu (12/1/2022). FOTO KCNA via REUTERS.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik sekaligus, militer Korea Selatan mengatakan pada Kamis (12 Mei), beberapa jam setelah Pyongyang mengumumkan kasus Covid-19 pertama di negaranya.

"Militer kami mendeteksi sekitar pukul 18.29, tiga rudal balistik jarak pendek ditembakkan dari daerah Sunan di Pyongyang," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan kepada AFP, seperti dikutip Channel News Asia.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Korea Utara menembakkan rudal-rudal itu ke arah Laut Jepang.

Kementerian pertahanan Jepang juga mengonfirmasi peluncuran rudal tersebut. Penjaga Pantai Jepang pun mengeluarkan peringatan keselamatan kepada kapal-kapal: "Korea Utara tampaknya telah meluncurkan sebuah rudal".

Baca Juga: Korea Utara Terus Uji Coba Nuklir, Ini Kata Presiden Baru Korea Selatan

Peluncuran itu kemungkinan merupakan uji coba senjata ke-16 negara bersenjata nuklir itu sepanjang tahun ini.

Tes itu hanya dua hari setelah Presiden baru Korea Selatan yang hawkish Yoon Suk-yeol dilantik pada Selasa (10/5).

Korea Utara juga melakukan apa yang Seoul dan Tokyo katakan sebagai dua uji coba rudal balistik terpisah pada minggu lalu, meskipun Pyongyang tidak mengonfirmasi peluncuran tersebut.

Meskipun terkena sanksi internasional atas program senjatanya, Korea Utara secara dramatis meningkatkan pengujian tahun ini sambil mengabaikan tawaran pembicaraan Amerika Serikat.

Sebelumnya pada Kamis, Korea Utara mengonfirmasi kasus Covid-19 pertama dan menyatakan "keadaan darurat serius", dengan Pemimpin Kim Jong Un muncul memakai masker di televisi untuk pertama kalinya guna memerintahkan penguncian nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×