kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa bikin marah China, jenderal bintang dua Angkatan Laut AS berkunjung ke Taiwan


Senin, 23 November 2020 / 15:49 WIB
Bisa bikin marah China, jenderal bintang dua Angkatan Laut AS berkunjung ke Taiwan
ILUSTRASI. Jenderal bintang dua yang mengawasi intelijen militer AS melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan. Kunjungan ini bisa mengusik China.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Laksamana Angkatan Laut jenderal bintang dua yang mengawasi intelijen militer Amerika Serikat (AS) di kawasan Asia-Pasifik melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan. Kunjungan tingkat tinggi itu dapat mengganggu China.

Sumber Reuters termasuk seorang pejabat Taiwan yang mengetahui hal tersebut mengatakan, pejabat yang berkunjung ke Taiwan tersebut adalah Laksamana Muda Michael Studeman.

Menurut situs web Angkatan Laut, Studeman adalah direktur J2, yang mengawasi intelijen, di Komando Indo-Pasifik militer AS.

Pentagon menolak berkomentar soal ini. Begitu pula Kementerian Pertahanan Taiwan.

Baca Juga: Jaga perbatasan di Tibet, China kirim kendaraan serbu dan drone

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengonfirmasi pada Minggu (22/11) bahwa seorang pejabat AS telah tiba di Taiwan tetapi menolak memberikan rincian.

China, yang mengklaim Taiwan yang dikelola secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, marah ketika Menteri Kesehatan AS Alex Azar datang ke Taipei pada Agustus 2020 lalu.

Tambah lagi kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach pada September 2020 ke Taiwan. China bahkan sampai mengirimkan jet tempur ke dekat Taiwan saat pejabat AS berkunjung ke AS.

Pemerintahan Donald Trump telah meningkatkan dukungan untuk Taiwan, termasuk dengan penjualan senjata baru, yang mengkhawatirkan China.

Tidak segera jelas apakah kunjungan Studeman akan dilihat sebagai peningkatan kewaspadaan oleh Beijing. Studeman menjadi salah satu perwira militer AS berpangkat paling tinggi yang diketahui telah mengunjungi Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi, Randall Schriver, mantan asisten Menteri Pertahanan AS untuk Asia selama pemerintahan Trump, mengatakan, Pentagon diam-diam telah mengirim perwira bendera bintang satu ke Taiwan secara rutin.

Dia mencatat bahwa Amerika Serikat dan Taiwan memiliki pertukaran intelijen yang erat mengenai ancaman dari militer China.

Militer Taiwan dan AS memiliki hubungan dekat, meskipun jarang menyebutkan hubungan itu di depan umum.

United Daily News Taiwan menerbitkan foto-foto jet pribadi tak bertanda, yang diidentifikasi sebagai pesawat militer AS, tiba di bandara Songshan di pusat kota Taipei, dan tampak seperti para pejabat menunggu di terminal VIP-nya.

Data di situs web pelacakan penerbangan planefinder.net menunjukkan penerbangan pribadi yang tiba dari Hawaii yang menjadi markas besar Komando Indo-Pasifik, ke bandara Songshan Minggu sore, tak lama sebelum United Daily News menerbitkan gambar-gambar itu di situsnya.

Baca Juga: China sebut kehadiran bomber AS di Laut China Selatan sebagai tantangan terbuka




TERBARU

[X]
×