kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Amazon.com bisa melaju kencang bila jadi membeli startup Zoox Inc


Kamis, 09 Juli 2020 / 10:39 WIB
Bisnis Amazon.com bisa melaju kencang bila jadi membeli startup Zoox Inc
ILUSTRASI. The logo of Amazon is seen at the company logistics centre in Boves, France, January 19, 2019. REUTERS/Pascal Rossignol


Sumber: Bloomberg | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Perusahaan yang didirikan Jeff Bezos, Amazon.com Inch tengah bernegosiasi untuk membeli perusahaan startup kendaraan tanpa pengemudi yakni Otonom Zoox Inc. Bila rencana ini tercapai, Amazon diprediksi bisa menghemat lebih US$ 20 miliar atau setara Rp 290 triliun per tahun.

Menurut perkiraan analis internet, otomotif dan transportasi Morgan Stanley dalam sebuah laporan pada hari Rabu (8/7) mengatakan, salah satu pengeluaran terbesar Amazon adalah biaya pengiriman yang dapat mencapai US$ 90 miliar dalam beberapa tahun yang akan datang.

Baca Juga: Kekayaan Warren Buffett masih di atas Rp 1.000 triliun meski rajin donasi

Namun dengan adanya upaya Amazon membeli perusahaan transportasi tanpa pengemudi ini yakni Otonom Zoox, maka Amazon dapat menyelamatkan pengeluaran pengeluaran perusahaan lebih dari US$ 20 miliar per tahun.

"Teknologi otonom merupakan perpanjangan alami dari upaya Amazon untuk membangun jaringan logistik pihak ketiga sendiri," tulis analis Morgan Stanley seperti dilansir Bloomberg, Kamis (9/7).

Otonom ini menjadi pesaing yang jelas bagi perusahaan seperti Tesla Inch dan General Motors Co. Sementara menjadi potensi yang bagus bagi Amazon untuk bersaing dalam berbagi perjalanan dan pengiriman makanan.

Sejumlah perusahaan otomotif dan chip juga dikabarkan tengah mengadakan pembicaraan dengan Zoox mengenai investasi potensial ini. Artinya selain Amazon, ada perusahaan lain yang tengah bernegosiasi untuk membeli perusahaan Zoox.

Sementara Zoox kemungkinan tidak akan menjual perusahaan itu kurang dari US$ 1miliar.

Baca Juga: Nilai kekayaan Jeff Bezos capai rekor lagi, menembus Rp 2.526 triliun

Startup ini pada hari Selasa mengatakan pihaknya telah mendapat penawaran dari berbagai pihak dan telah bekerjasama dengan Qatalyst Partners untuk mengevaluasi tawaran tersebut. Namun mereka menolak mengomentari soal Amazon yang juga berminat membeli Zoox.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×