kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,89   4,58   0.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Cuan ala Warren Buffett Saat Risiko Inflasi Mengintai


Rabu, 23 Agustus 2023 / 07:25 WIB
Bisnis Cuan ala Warren Buffett Saat Risiko Inflasi Mengintai


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PETUAH WARREN BUFFETT - Warren Buffett saat ini berada di posisi keenam orang terkaya dunia. Warren Buffett berada di belakang Elon Musk, Bernard Arnault, Jeff Bezos, Larry Ellison dan Bill Gates. Menurut Bloomberg Billionaires Index, perkiraan kekayaan bersih Warren Buffett sekitar US$ 118 miliar.

Tidak seperti beberapa miliarder sezamannya, CEO Berkshire Hathaway ini tampaknya menikmati hidup sederhana, dan strateginya untuk berinvestasi secara cerdas dan mengumpulkan kekayaan tidak terdengar terlalu rumit — bahkan pada saat inflasi.

Melansir Money Wise, meskipun sangat sedikit orang yang memiliki kehebatan berinvestasi seperti Buffett, miliarder ini percaya bahwa melindungi diri Anda dari inflasi masih mungkin dilakukan jika Anda mengikuti salah satu filosofi intinya.

“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat ahli dalam suatu hal,” katanya pada rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway tahun lalu. 

Dia menambahkan, “[Orang-orang] akan memberi Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan.”

Buffett mengatakan Anda dapat mengurangi dampak inflasi dengan berfokus pada perbaikan diri terus-menerus dan tetap menjadi yang terdepan di bidang pilihan Anda.

“Kemampuan apa pun yang Anda miliki tidak dapat diambil dari Anda. Mereka tidak bisa dibesar-besarkan jauh dari Anda. Investasi terbaik sejauh ini adalah segala sesuatu yang dapat mengembangkan diri Anda sendiri, dan tidak dikenakan pajak sama sekali,” paparnya.

Baca Juga: Warren Buffett: Awan Gelap Ekonomi Bakal Turunkan Hujan Emas

Itu bisa berarti mendapatkan gelar sarjana, menyelesaikan kursus pelatihan, bekerja dengan seorang mentor, atau sekadar membaca lebih banyak dan mendidik diri sendiri tentang berbagai budaya, bahasa, inovasi, dan sebagainya.

Pria berusia 92 tahun ini mengatakan Anda tidak perlu bersusah payah mengejar keterampilan yang tidak bermanfaat bagi Anda, terutama di masa inflasi yang sulit ini. 

Sebaliknya, lanjut Buffett, Anda harus berusaha melakukan aktivitas sehari-hari dengan sangat baik. Misalnya, komunikasi yang kuat adalah salah satu keterampilan terpenting yang ada.

“Salah satu cara mudah untuk menjadi bernilai setidaknya 50% lebih tinggi dari Anda sekarang… adalah dengan mengasah keterampilan komunikasi Anda,” katanya.

Buffett menambahkan, “Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan – tidak terjadi apa-apa. Anda dapat memiliki semua kekuatan otak di dunia, tetapi Anda harus mampu mentransmisikannya, dan transmisinya adalah komunikasi.”

Tentu saja, bertahan di masa inflasi memerlukan lebih dari sekadar keterampilan komunikasi yang kuat. Setelah Anda berinvestasi pada diri Anda sendiri, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi pada beberapa lindung nilai populer lainnya terhadap inflasi.

Baca Juga: Penulis Biografi: Warren Buffett Prediksi Kejatuhan Sektor Perumahan




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×