kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bitcoin jadi alat pembayaran sah di El Savador, IMF dan World khawatir


Selasa, 07 September 2021 / 09:57 WIB
Bitcoin jadi alat pembayaran sah di El Savador, IMF dan World khawatir
ILUSTRASI. Bitcoin jadi alat pembayaran sah di El Savador, IMF dan World khawatir. REUTERS/Edgar Su/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - SAN SALVADOR.  Selasa ini El Salvador akan menjadi negara pertama di dunia yang mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Kebijakan mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sah, menurut Presiden Nayib Bukele, akan menghemat komisi hingga jutaan dollar AS yang harus dibayarkan warga Salvador yang tinggal di luar negeri saat mengirim uang ke kampung halaman.

Terlepas dari popularitas Bukele, kebijakan menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah ini disambut dengan skeptis oleh banyak warga Salvador.

Mereka mengkhawatirkan volatilitas bitcoin dan bagaimana skemanya akan bekerja.

Nah, Reuters telah menyarikan beberapa pro dan kontra atas rencana El Salvador menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah yang mengemuka sejak Juni lalu.

Baca Juga: El Salvador beli 400 bitcoin jelang pemberlakuannya sebagai alat pembayaran yang sah

Remitansi

Warga El Salvador di luar negeri tahun lalu mengirim pulang hampir US$6 miliar. Sebagian besar uang itu dikirim dari Amerika Serikat.

Nilai kiriman uang dari luar negeri tersebut setara dengan sekitar 23% dari produk domestik bruto Salvador.

Oleh karena itu Bukele yakin bahwa bitcoin akan memberikan "manfaat besar" karena memungkinkan orang Salvador menghemat US$400 juta yang dia klaim dihabiskan setiap tahun sebagai komisi pengiriman uang.

Sayangnya, menurut Reuters, banyak orang yang mengirim atau menerima dolar ke El Salvador tidak mempercayai bitcoin.

Sementara itu, data Bank Dunia menunjukkan bahwa biaya pengiriman uang AS ke negara di Amerika Tengah itu termasuk yang terendah di dunia.

Baca Juga: Harga Bitcoin tembus US$ 52.000, lewati golden crossover tanda bullish jangka panjang

Jejak karbon

Rencana bitcoin El Salvador telah menyoroti dampak lingkungan dari uang kripto, termasuk bitcoin. Bank Dunia bahkan menandai potensi dampak buruk di antara kekhawatirannya.

Mengekstrak mata uang digital, termasuk bitcoin, dari dunia maya membutuhkan energi dalam jumlah besar. Emisi CO2 global industri bitcoin telah meningkat menjadi 60 juta ton sama dengan gas buang dari sekitar 9 juta mobil, kata Bank of America pada bulan Maret.

Bukele berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan mengatakan pada bulan Juni bahwa dia telah menginstruksikan panas bumi milik negara perusahaan listrik LaGeo untuk mengembangkan rencana menawarkan fasilitas penambangan bitcoin menggunakan energi terbarukan dari gunung berapi negara itu.

Baca Juga: Harga Bitcoin sentuh US$ 51.000, melonjak 26% selama sebulan terakhir

Peraturan

Sementara para pendukungnya menganggap bitcoin sebagai inovasi yang independen dari aturan pemerintah, hal itu telah memicu peringatan bahwa hal itu dapat meningkatkan bahaya peraturan, keuangan, dan operasional bagi lembaga keuangan.

Sebagian di antaranya menabrak aturan anti pencucian uang internasional dan pendanaan teroris.

Pada bulan Juni, lembaga pemeringkat Fitch Ratings mencatat bahwa "keuntungan modal tidak akan dikenakan pajak dan pajak dapat dibayarkan dalam bitcoin, yang dapat menarik arus masuk bitcoin asing ke negara tersebut. Hal ini dapat meningkatkan risiko bahwa hasil dari kegiatan terlarang melewati keuangan El Salvador. sistem."

Dana Moneter Internasional (IMF) telah mengutip kekhawatiran hukum tentang adopsi bitcoin di tengah pembicaraannya dengan El Salvador mengenai perjanjian pembiayaan hampir $ 1 miliar, yang masih tertunda.

Setelah undang-undang bitcoin Bukele disetujui, lembaga pemeringkat Moody's menurunkan peringkat kelayakan kredit El Salvador. Obligasi negara dalam mata uang dolar juga mendapat tekanan.

Baca Juga: Ini dia kripto syariah pertama yang siap masuk ke bursa crypto dunia

Valuta Asing

Bukele telah menyiapkan dana US$150 juta untuk memungkinkan konversi bitcoin menjadi dolar, tetapi keraguan tetap ada tentang bagaimana negara akan menghindari risiko yang terkait dengan fluktuasi tajam dalam mata uang digital, yang nilainya dapat bervariasi hingga ratusan dolar dalam sehari.

Fitch berpendapat bahwa bitcoin akan menjadi kredit negatif untuk perusahaan asuransi Salvador yang terkena dampak mata uang karena risiko valuta asing dan volatilitas pendapatan yang lebih tinggi.

"Penanggung yang menahan bitcoin di neraca mereka untuk waktu yang lama akan sangat terkena volatilitas harganya, meningkatkan risiko aset," kata Fitch bulan lalu.

Namun, bagi mereka yang memegang bitcoin, ini telah terbukti menjadi alat pembayaran yang populer di El Zonte, sebuah kota pantai yang merupakan salah satu batu loncatan untuk mata uang kripto di El Salvador.

Asalkan tidak ada hambatan dengan konvertibilitas, yang telah mendorong harapan itu bisa menjadi penghasil devisa yang penting.

(Dikompilasi oleh Dave Graham dan Anthony Esposito; Disunting oleh Dan Grebler)

Selanjutnya: Investor institusi kembali, harga Bitcoin tembus level US$ 50.000




TERBARU

[X]
×