kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.239   100,00   0,65%
  • IDX 7.892   63,27   0,81%
  • KOMPAS100 1.206   10,13   0,85%
  • LQ45 979   8,98   0,93%
  • ISSI 229   0,84   0,37%
  • IDX30 499   4,39   0,89%
  • IDXHIDIV20 602   5,24   0,88%
  • IDX80 137   1,09   0,80%
  • IDXV30 140   0,40   0,28%
  • IDXQ30 167   1,34   0,81%

Blinken Tiba di Timur Tengah untuk Mengupayakan Gencatan Senjata di Gaza


Senin, 19 Agustus 2024 / 10:33 WIB
Blinken Tiba di Timur Tengah untuk Mengupayakan Gencatan Senjata di Gaza
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Tel Aviv pada hari Minggu dalam rangkaian kunjungan ke Timur Tengah. Photo: Instagram @secblinken


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TEL AVIV. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Tel Aviv pada hari Minggu dalam rangkaian kunjungan ke Timur Tengah untuk mendorong gencatan senjata di Gaza. Namun, baru beberapa jam setelah kedatangannya, Hamas meragukan misi ini dengan menuduh Israel menghambat upaya mediasi.

Hamas menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertanggung jawab atas "menggagalkan upaya para mediator", menunda kesepakatan, dan membahayakan sandera Israel di Gaza dengan agresi yang sama yang dihadapi oleh warga Palestina.

Dalam perjalanan kesembilannya ke kawasan sejak perang dimulai pada bulan Oktober, Blinken dijadwalkan bertemu dengan pemimpin senior Israel termasuk Netanyahu pada hari Senin, menurut pejabat senior Departemen Luar Negeri AS. Setelah Israel, Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Mesir.

Pembicaraan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pengembalian sandera yang ditahan di Gaza kini berada di "titik kritis", kata pejabat senior pemerintahan Biden dalam perjalanan ke Tel Aviv. "Kami pikir ini adalah waktu yang kritis," tambah pejabat tersebut.

Negara-negara mediator - Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir - sejauh ini belum berhasil menyempitkan perbedaan cukup jauh untuk mencapai kesepakatan dalam beberapa bulan negosiasi yang bolak-balik, dan kekerasan terus berlanjut di Gaza pada hari Minggu.

Serangan udara Israel menewaskan setidaknya 21 orang di Gaza pada hari Minggu, kata otoritas kesehatan Palestina, termasuk enam anak-anak dan ibu mereka dalam serangan udara di sebuah rumah di kota Deir Al-Balah, Gaza Tengah.

Baca Juga: Saat Mata Dunia ke Gaza, Perampasan Tanah Palestina Tengah Terjadi di Tepi Barat

Yang termuda berusia 18 bulan, menurut kakek mereka, Mohammed Khattab, saat keluarga berkumpul di sekitar jenazah yang dibungkus kafan putih.

"Apakah kesalahan mereka? ... Apakah mereka membunuh seorang Yahudi? Apakah mereka menembaki orang Yahudi? Apakah mereka meluncurkan roket ke orang Yahudi? ... Apa yang mereka lakukan untuk pantas menerima ini?" tanya Khattab.

Belum ada komentar langsung dari militer Israel. Israel membantah menargetkan warga sipil saat memburu militan Hamas, menuduh kelompok tersebut beroperasi dari fasilitas sipil termasuk sekolah dan rumah sakit. Hamas membantah tuduhan ini.

Militer Israel mengatakan telah menghancurkan peluncur roket yang digunakan untuk menyerang Israel dari kota Khan Younis di Gaza Selatan, yang menjadi lokasi pertempuran intens dalam beberapa minggu terakhir, dan menewaskan 20 militan Palestina.

Di Tepi Barat yang diduduki, di mana kekerasan meningkat sejak perang di Gaza dimulai pada bulan Oktober tahun lalu, seorang pria Israel meninggal akibat luka-luka yang dideritanya dalam sebuah serangan, menurut juru bicara rumah sakit.

Menutup Kesenjangan 

Pembicaraan menuju gencatan senjata akan dilanjutkan minggu ini di Kairo, setelah pertemuan dua hari di Doha pekan lalu. Blinken akan mencoba mendapatkan terobosan setelah AS mengajukan proposal jembatan yang diyakini dapat menutup kesenjangan antara pihak-pihak yang bertikai.

Perang meletus pada 7 Oktober ketika militan Hamas menyerbu Israel, membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut catatan Israel.

Serangan militer Israel berikutnya telah membunuh lebih dari 40.000 orang Palestina, sebagian besar warga sipil, menurut otoritas kesehatan Palestina, dan mengurangi sebagian besar Gaza menjadi puing-puing. Israel mengatakan telah membunuh 17.000 pejuang Hamas.

Ada urgensi yang meningkat untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di tengah kekhawatiran akan eskalasi di wilayah yang lebih luas. Iran telah mengancam untuk membalas terhadap Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli.

Israel tetap berkomitmen pada prinsip-prinsip yang ditetapkan untuk keamanannya dalam proposal garis besar 27 Mei, kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan kabinet.

Baca Juga: Harga Minyak Bersiap Naik Pekan Ini, Didukung Optimisme Permintaan AS

"Saya ingin menekankan: Kami sedang melakukan negosiasi dan bukan skenario di mana kami hanya memberikan dan memberikan," kata Netanyahu dalam pertemuan tersebut. "Ada hal-hal yang bisa kami fleksibel dan... hal-hal yang tidak bisa kami fleksibel, yang akan kami tegakkan."

Kantor Netanyahu mengatakan dia masih bersikeras agar pasukan Israel tetap berada di jalur perbatasan yang membentang antara Gaza dan Mesir yang dikenal sebagai Koridor Philadelphi, untuk mencegah penyelundupan senjata ke Gaza. Netanyahu akan terus berusaha untuk mencapai kesepakatan yang memaksimalkan jumlah sandera yang dibebaskan dan memungkinkan tujuan perang Israel tercapai, termasuk tidak membiarkan Hamas mengendalikan Gaza.

Hamas mengatakan bahwa komentar optimis dari AS adalah "menipu" dan menuduh Netanyahu membuat kondisi baru dalam upaya untuk "meledakkan" negosiasi. Perbedaan pendapat termasuk apakah pasukan Israel harus tetap berada di Gaza setelah pertempuran berakhir, terutama di sepanjang perbatasan dengan Mesir, dan mengenai pemeriksaan orang-orang yang masuk ke Gaza utara dari selatan yang dikatakan Israel diperlukan untuk menghentikan militan bersenjata.

Hamas telah mendorong untuk kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri perang, sementara Israel tidak bersedia setuju untuk melampaui jeda sementara dalam pertempuran.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×