Blok Afrika Selatan Perpanjang Penempatan Pasukan di Mozambik

Jumat, 15 Juli 2022 | 15:15 WIB Sumber: Reuters
Blok Afrika Selatan Perpanjang Penempatan Pasukan di Mozambik

ILUSTRASI. Tentara Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan (SANDF)


KONTAN.CO.ID -  MAPUTO. Negara-negara Afrika Selatan pada Kamis sepakat untuk memperpanjang penempatan pasukan mereka di Mozambik selama satu bulan lagi untuk membantu memerangi pemberontakan yang terkait dengan ISIS.

Negara-negara tersebut, yang tergabung dalam Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (SADC), setuju tahun lalu untuk mengirim pasukan ke Mozambik.

Mandat misi itu akan berakhir pada hari Jumat (15/7/2022) tetapi telah diperpanjang untuk sementara sampai pertemuan puncak kepala negara SADC pada pertengahan Agustus, ketika laporan yang lebih rinci tentang kemajuan misi akan dipertimbangkan.

Baca Juga: Amerika Cabut Pembatasan Perjalanan dari Delapan Negara Afrika Mulai Akhir Tahun

Pemberontakan terkonsentrasi di provinsi utara Mozambik, Cabo Delgado. Ini telah merenggut ribuan nyawa sejak pecah perang pada 2017 dan mengganggu proyek gas alam bernilai miliaran dolar AS.

Menutup KTT virtual hari Kamis, ketua SADC dan Presiden Malawi Lazarus Chakwera mengatakan perpanjangan pengerahan pasukan mencegah misi tersebut dikompromikan.

Secara terpisah, misi diplomatik Uni Eropa untuk Mozambik mengatakan Uni Eropa akan memberikan tentara negara itu dengan tambahan 45 juta euro ($45 juta) dukungan keuangan.

Militer Mozambik telah kehilangan tempat untuk pemberontakan sampai menerima bantuan dari SADC dan Rwanda, yang juga telah mengirim tentara.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru