Reporter: Herry Prasetyo |
KUALA LUMPUR. Bank Negara Malaysia (BNM) telah menyelesaikan review kerangka kerja tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) yang diterapkan di industri perbankan dan asuransi. "Kami berharap bisa didiskusikan dengan pelaku industri akhir tahun ini," kata Asisten Gubernur BNM Jessica Chew, Kamis (27/9).
Salah satu bagian yang direview bank sentral Malaysia ini adalah, best practice GCG dalam hal kehati-hatian yang selama ini hanya berlaku di industri asuransi akan ditingkatkan untuk seluruh institusi. Nantinya, ungkap Jessica, semua institusi wajib menerapkan prinsip kehati-hatian yang sama dengan industri asuransi.
Dia mengakui selama ini bank sentral memasang standar yang lebih tinggi buat industri asuransi. Kebijakan ini sebagai cermin dari kematangan melakukan GCG di industri. "Kami tidak mengharapkan review ini secara substansial mengubah praktik yang tengah berlaku saat ini," kata Jessica.