kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Boeing 737 MAX bisa kembali mengudara pada Januari 2020 mendatang


Rabu, 23 Oktober 2019 / 07:30 WIB

Boeing 737 MAX bisa kembali mengudara pada Januari 2020 mendatang
ILUSTRASI. Aerial photos showing Boeing 737 Max airplanes parked at Boeing Field in Seattle, Washington, U.S. October 20, 2019. Picture taken October 20, 2019. REUTERS/Gary He TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - COLONGE. Pesawat Boeing 737 MAX bisa kembali mengudara pada Januari 2020 mendatang. Melansir Reuters, regulator Eropa diprediksi akan mengizinkan hal tersebut setelah dilakukannya uji terbang yang dijadwalkan pada pertengahan Desember mendatang.

"Jika semua berjalan dengan baik, itu akan terjadi awal tahun depan. Sejauh yang kami ketahui, kami telah merencanakan uji terbang pada pertengahan Desember. Artinya, keputusan untuk memberikan layanan kembali pada Januari," jelas Direktur Eksekutif Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) Patrick Ky.

Baca Juga: Boeing makes progress on 737 MAX, but FAA needs weeks to review

Sayang, dia enggan berkomentar mengenai kapan regulator AS akan memutuskan untuk mencabut larangan penerbangan yang diberlakukan sejak Maret 2019 itu.

Masih mengutip Reuters, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) bertanggungjawab untuk mencabut larangan itu. Diprediksi, langkah tersebut juga akan diikuti oleh regulator lain termasuk EASA. Meski demikian, banyak yang mencemaskan, aksi yang dilakukan oleh regulator lain akan lambat.

Baca Juga: Percakapan pesan pilot Boeing memicu pertanyaan baru kasus 737 MAX

Pihak Boeing menyatakan, pihaknya akan kembali terbang di udara pada akhir tahun menyusul adanya perubahan pada perangkat lunak untuk kokpit dan pelatihan setelah terjadi dua kecelakaan yang sangat fatal.

 


Sumber : Reuters
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×