kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brookfield akuisisi Asciano A$ 8,9 miliar


Rabu, 19 Agustus 2015 / 13:19 WIB
Brookfield akuisisi Asciano A$ 8,9 miliar


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Brookfield Asset Management Inc menambah koleksi portofolionya. Perusahaan pengelola aset infrastruktur terbesar di Kanada  itu setuju mengakuisisi Asciano Ltd, perusahaan kereta api dan operator pelabuhan asal Australia.

Brookfield akan membeli Asciano melalui anak usahanya, Brookfield Infrastructure Partners, senilai A$ 8,9 miliar atau US$ 6,55 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Pemegang saham Asciano akan menerima dana tunai sebesar A$ 6,94 per saham, plus 0,0387 saham Brookfield Infrastructure.

Jika digabungkan, tawaran Brookfield dinilai sebesar A$ 9,15 per saham. Angka ini lebih tinggi 38% dari harga Asciano pada 30 Juni 2015 lalu. Kala itu, di bursa Sydney, Asciano diperdagangkan di level A$ 8,73 per saham.

"Valuasi tersirat di atas penawaran Brookfield sebelumnya dan pembayaran dividen khusus membuktikan perusahaan ini menarik bagi investor lokal," ujar Evan Lucas, Market Strategist IG Ltd seperti dikutip Bloomberg.

Asciano menerima proposal tawaran dari Brookfield pada 26 Juni 2015. Ketika itu, Brookfield menyodorkan harga Ascioano sekitar A$ 9,05 per saham.

John Mullen, Chief Executive Officer Asciano yakin, Brookfield sebagai pemain global akan membantu Asciano menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Selain itu, aksi korporasi tersebut juga akan menciptakan sinergi antara perusahaan-perusahaan Kanada dengan jaringan kereta api di Australia. "Dan mereka memiliki biaya yang sangat rendah modal," kata Mullen.

Chief Executive Officer Brookfield Infrastructure, Sam Pollock bilang, transaksi akuisisi ini adalah paling besar dalam sejarah Brookfield. Konsolidasi ini akan memperkuat aset perusahaan. Selain Australia, Brookfield memiliki pelabuhan di Amerika Utara dan Eropa.

Penurunan mata uang aussie dan keinginan Pemerintah Australia menggenjot belanja infrastruktur membuat aset transportasi menjadi incaran investor asing.

Selain Brookfield, Japan Post Holdings Co setuju mengambil alih operator logistik, Toll Holdings Ltd pada Februari 2015 lalu senilai A$ 6,5 miliar. Begitu juga dengan konsorsium China Merchants Group Ltd yang mengakuisisi pelabuhan Newcastle sebesar A$ 1,75 miliar.




TERBARU

[X]
×