BTS Putuskan Jalani Wajib Militer, Kembali Aktif di 2025

Selasa, 18 Oktober 2022 | 06:49 WIB Sumber: Reuters
BTS Putuskan Jalani Wajib Militer, Kembali Aktif di 2025

ILUSTRASI. Boy band K-pop BTS akan menjalani wajib militer. Menurut agensi mereka, anggota tertua Jin menjadi yang pertama berangkat. REUTERS/Leah Millis


KONTAN.CO.ID - SEOUL. Boy band K-pop BTS akan menjalani wajib militer. Menurut agensi mereka, anggota tertua Jin menjadi yang pertama berangkat. 

Jin, 29 tahun, telah menunda dinas wajib militernya selama yang dia bisa dan menghadapi prospek untuk tugas penuh. Ini bberarti hampir dua tahun dirinya tidak terlihat oleh publik. Jin akan berusia 30 tahun pada bulan Desember mendatang.

Melansir Reuters, sejak debut mereka pada tahun 2013, BTS telah menjadi sensasi di seluruh dunia dengan lagu-lagu hits dan kampanye sosial mereka yang bertujuan untuk memberdayakan kaum muda.

"Jin akan membatalkan permohonan untuk menunda pendaftaran wajib militer pada akhir Oktober 2022 dan mengikuti prosedur yang relevan dari Administrasi Tenaga Kerja Militer untuk pendaftaran," kata grup manajemen tujuh anggota band HYBE dalam pengajuan peraturan.

Semua anggota lainnya juga akan menjalani tugas wajib militer sesuai dengan rencana masing-masing, tambahnya.

“Baik perusahaan dan anggota BTS menantikan untuk berkumpul kembali sebagai grup sekitar tahun 2025 mengikuti komitmen layanan mereka,” jelas Bighit Music milik HYBE, yang mengelola BTS, mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah.

Baca Juga: Hasil Jajak Pendapat Terbaru: Boyband BTS Harus Jalani Wajib Militer

Seperti yang diketahui, semua pria berbadan sehat di Korea Selatan berusia antara 18 dan 28 tahun, harus bertugas di militer antara 18 dan 21 bulan sebagai bagian dari upaya untuk mempertahankan diri dari senjata nuklir Korea Utara. 

Beberapa kategori masyarakat, telah mendapatkan pengecualian atau menjalani masa jabatan yang lebih pendek, termasuk pemenang medali Olimpiade dan Asian Games, musisi dan penari klasik yang memenangkan hadiah utama di kompetisi tertentu. Beberapa anggota parlemen telah meminta agar BTS dibebaskantugaskan.

Baca Juga: Kabar Gembira buat ARMY, BTS Masih Bisa Tampil di Luar Negeri Saat Wajib Militer

BTS mengumumkan rehat pada bulan Juni dari kegiatan musik grup untuk mengejar proyek solo. Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang masa depan band.

Mereka bersatu kembali untuk melakukan konser gratis pada hari Sabtu di kota Busan dalam mendukung tawaran Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah World Expo 2030 di kota pelabuhan itu.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru