kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buffet ambil kewajiban Cigna US$ 4 Miliar


Rabu, 06 Februari 2013 / 05:25 WIB
Buffet ambil kewajiban Cigna US$ 4 Miliar
ILUSTRASI. Koki sedang memasak makanan, salah satunya daging. Untuk mengolah daging, diperlukan pisau yang tepat sesuai dengan fungsinya


Reporter: Uji Agung Santosa | Editor: Uji Agung Santosa

NEW YORK. Berkshire Hathaway Inc, mengambil alih kewajiban Cigna Corp senilai US$ 4 miliar. Penyerahan kewajiban atau liabilities, dilakukan perusahaan asuransi kesehatan terbesar ketiga di Amerika Serikat tersebut untuk mengurangi beban resiko klaim kematian dan produk pensiun.


Menurut keterangan resmi Cigna, sebagai bagian dari kesepakatan, perusahaan milik Warren Buffet akan memperoleh aset investasi Cigna senilai US$ 1,8 miliar. Selain itu perusahaan asuransi yang berbasis di Connecticut ini juga harus mendanai kesepakatan senilai US$ 100 juta, dalam bentuk tunai dan diperkirakan mendapat keuntungan pajak senilai US$ 300 juta.


David Windley, analis Jefferies & Co, mengatakan kabar itu sudah ditunggu sejak lama. "Pasar akan bereaksi positif," katanya. Setelah kesepakatan itu, harga saham Cigna naik 2,8% menjadi US$ 60 per lembar di perdagangan New York. Dibanding tahun lalu harga saham Cigna telah naik 34%, sedangkan saham Berkshire dalam periode yang sama naik 21%.


Windley menambahkan, kesepakatan ini akan memberi kesempatan kepada Buffet untuk meningkatkan investasi dan akuisisinya di Cigna. Bagi Cigna, kesepakatan ini selain memangkas risiko juga akan menyebabkan perusahaan lebih fokus.  


Lepas manfaat kematian


Pada bulan lalu, David M. Cordani, Chief Executive Officer (CEO) Cigna, mengatakan perusahaannya siap melepas  unit manfaat asuransi kematian. Unit ini sebelumnya telah ditutup sejak tahun 2001.


Ralph Nicoletti, Chief Financial Officer (CFO) Cigna, mengatakan jumlah kewajiban yang akan ditanggung oleh Buffett diperkirakan mencapai 435.000 polis aktif. Jumlah itu lebih rendah 10% dibandingkan tahun lalu. "Penurunan tidak akan berdampak pada pendapatan Cigna dan rencana modal tahun ini," katanya.


Nicoletti berharap, penyelesaian seluruh kesepakatan dengan  Berskhire akan selesai sebelum tahun 2013 berakhir. Dalam pernyataannya, Cigna mengatakan, pihaknya akan mendapatkan dana setelah pajak sebesar US$ 500 juta pada semester pertama tahun ini. Untuk menyelesaikan transaksi ini, Cigna menunjuk penasehat keuangan, yakkni Bank of America Corp.


Menurut Windley, Buffett akan meningkatkan pendapatan Berkshire dengan memanfaatkan suku bunga mengambang atau mengumpulkan premi sebelum pembayaran klaim. Buffet bilang, risiko dan akumulasi kewajiban menyebabkan sulit mengais untung dari bisnis asuransi.             




TERBARU

[X]
×