kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan ke Anak Kandung, Kekayaan Warren Buffett Bakal Diwariskan ke Anak-Anak Dunia


Kamis, 02 Februari 2023 / 09:00 WIB
Bukan ke Anak Kandung, Kekayaan Warren Buffett Bakal Diwariskan ke Anak-Anak Dunia


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ketika taipan investasi miliarder Warren Buffett meninggal dunia, kemungkinan sebagian dari kekayaannya akan didistribusikan kepada setiap anak di planet ini.

Melansir Money Control, pada tahun 2006, CEO Berkshire Hathaway telah berjanji untuk memberikan 85% sahamnya di perusahaan itu untuk amal, dan sebagian besar dialokasikan untuk Yayasan Bill & Melinda Gates. Pada 2010, ia kembali berjanji untuk mendistribusikan kembali 99% kekayaannya untuk filantropi.

Jadi, dari nilai US$ 90 miliar saham Berkshire Buffett, sekitar US$ 56 miliar akan masuk ke Gates Foundation dan US$ 17,4 miliar untuk empat organisasi amal keluarga. Dengan demikian, ada dana sekitar US$ 18,7 miliar tanpa komitmen. 

Selain itu, Warren Buffett dilaporkan ingin miliaran dolarnya dihabiskan dalam waktu 10 tahun setelah kematiannya.

Tetapi sementara staf Gates Foundation telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari tahu di mana harus menyimpan uang karena beberapa penerima hibah Gates Foundation sudah maksimal, seorang mantan karyawan yayasan mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka bertanya pada diri sendiri: “Jika dia meninggal, di mana kita akan menaruh uangnya? "

Baca Juga: Investasi Tuai Pujian, Warren Buffett: Bukan Karena Pintar, Tapi Karena Kami Waras

Salah satu ide yang muncul adalah untuk menciptakan bank tabungan anak-anak dunia, di mana setiap anak akan menerima ribuan dolar. 

“Itu duduk di rak, seperti rencana pertempuran jika Anda harus mewujudkannya,” kata mantan karyawan itu kepada publikasi.

Warren Buffett belum mengungkapkan rincian bagaimana kekayaannya akan didistribusikan setelah kematiannya. Jika Gates Foundation menerima cukup uang untuk mendistribusikannya di antara setiap anak di planet ini, maka hal itu akan membantu meratakan sosial ekonomi di dunia. 

Menurut publikasi tersebut, hal itu mungkin memberi orang tua keamanan finansial yang mereka butuhkan untuk memiliki anak dalam ekonomi saat ini.

Tidak mewariskan kekayaan kepada anak-anaknya

Melansir CNBC, Warren Buffett berulang kali bilang, kekayaan bersihnya akan lebih baik dihabiskan untuk tujuan filantropi daripada untuk portofolio investasi anak-anaknya.

“Setelah banyak mengamati keluarga yang sangat kaya, inilah rekomendasi saya: Biarkan anak-anak cukup sehingga mereka dapat melakukan apa saja, tetapi tidak cukup sehingga mereka tidak dapat melakukan apa-apa,” katanya dalam sebuah catatan kepada pemegang saham.

Dia menambahkan bahwa anak-anaknya yang sudah dewasa “mengejar upaya filantropis yang melibatkan uang dan waktu.”

Pria berusia 90 tahun itu mengatakan bahwa dia telah mengamati bahwa perilaku dinasti - atau mewariskan kekayaan besar-besaran dari satu generasi keluarga ke generasi lainnya - kurang umum di AS daripada di negara lain.

Baca Juga: Definisi Sukses Warren Buffett Bukan Soal Kekayaan dan Ketenaran

Itu tidak berarti bahwa anak-anak Buffett, sekarang berusia 60-an, belum menerima apa pun dari ayah mereka. Setiap anak memiliki yayasan senilai US$ 2 miliar yang didanai oleh Buffett, The Washington Post melaporkan pada tahun 2014.

Catatan Buffett mengumumkan bahwa dia telah menyumbangkan US$ 4,1 miliar saham Berkshire Hathaway miliknya ke lima yayasan amal sebagai bagian dari upayanya untuk memberikan 99% kekayaannya pada akhir hidupnya.

Buffett menyebut filantropinya sebagai "perbuatan paling mudah di dunia" karena "pemberiannya tidak menyakitkan dan mungkin mengarah pada kehidupan yang lebih baik bagi Anda dan anak-anak Anda".




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×