CDC Amerika Serikat Beri Rekomendasi Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak dan Remaja

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:13 WIB Sumber: Reuters
CDC Amerika Serikat Beri Rekomendasi Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak dan Remaja

ILUSTRASI. Petugas menyiapkan vaksin Moderna. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan pihaknya telah merekomendasikan vaksin Covid-19 dari Moderna untuk anak-anak dan remaja berusia 6 tahun hingga 17 tahun. Hal ini memungkinkan peluncuran vaksinasi untuk kelompok usia tersebut.

Mengutip Reuters, Jumat (24/6), vaksin pesaingnya, yakni Pfizer dan BioNTech yang sama-sama menggunakan teknologi RNA, telah tersedia untk remaja selama lebih dari satu tahun, dan sejak Oktober 2021 telah diperbolehkan untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 11 tahun.

Pada hari Sabtu, CDC merekomendasikan suntikan Moderna untuk anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun, dan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia enam bulan hingga empat tahun.

Baca Juga: Penelitian Menunjukkan Vaksin Berhasil Mencegah 20 Juta Kematian Akibat Covid-19

"Vaksinasi kelompok usia ini dapat memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada keluarga bahwa anak-anak dan remaja mereka yang berpartisipasi dalam penitipan anak, sekolah, dan kegiatan lainnya akan memiliki risiko lebih kecil untuk penyakit COVID-19 yang serius," kata Direktur CDC Rochelle Walensky dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Sebuah panel penasihat CDC dengan suara bulat memilih pada hari Kamis untuk merekomendasikan penggunaan suntikan dalam kelompok usia tersebut.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru