kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CDC AS: Negara bagian harus bersiap distribusi vaksin Covid-19 paling cepat Oktober


Kamis, 03 September 2020 / 06:54 WIB
CDC AS: Negara bagian harus bersiap distribusi vaksin Covid-19 paling cepat Oktober
ILUSTRASI. Ilustrasi pengembangan vaksin corona. REUTERS/Amanda Perobelli


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Dokumen yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan, badan tersebut telah meminta pejabat kesehatan masyarakat negara bagian untuk bersiap mendistribusikan vaksin virus corona potensial ke kelompok berisiko tinggi secepatnya.

"Untuk tujuan perencanaan awal, CDC sudah menyediakan bagi negara-negara bagian dengan asumsi perencanaan tertentu terkait distribusi vaksin, termasuk kemungkinan memiliki jumlah vaksin yang terbatas pada Oktober dan November," kata juru bicara CDC kepada Reuters.

Sejumlah pihak menilai, pemilihan waktu ini bermuatan politis karena menjelang pelaksanan pemilihan presiden pada November.

Baca Juga: AS tolak bergabung dalam Upaya vaksin Covid-19 global karena dipimpin WHO

Sebelumnya, The New York Times melaporkan bahwa CDC telah menghubungi pejabat di semua 50 negara bagian dan lima kota besar dengan informasi perencanaan.

Ahli penyakit menular terkemuka Amerika, Anthony Fauci, sebelumnya pada Rabu mengatakan di MSNBC bahwa berdasarkan tingkat pendaftaran pasien dalam uji coba vaksin Covid-19 yang sedang berlangsung, mungkin ada cukup data klinis untuk diketahui pada November atau Desember bahwa salah satu vaksin itu aman dan efektif. 

Dokumen yang dimuat online oleh The New York Times menunjukkan, CDC sedang mempersiapkan satu atau dua vaksin untuk COVID-19 yang akan tersedia dalam jumlah terbatas pada akhir Oktober.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 buatan Rusia dan China punya kelemahan besar, apa itu?

Vaksin akan disediakan gratis terlebih dahulu untuk kelompok berisiko tinggi termasuk petugas kesehatan, personel keamanan nasional, dan penghuni panti jompo dan staf, kata badan itu dalam dokumen.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×