kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

CEO Twitter Jack Dorsey beri keterangan terkait peretasan akun sejumlah tokoh dunia


Kamis, 16 Juli 2020 / 10:21 WIB
CEO Twitter Jack Dorsey beri keterangan terkait peretasan akun sejumlah tokoh dunia
ILUSTRASI. CEO Twitter Jack Dorsey

Reporter: Prihastomo Wahyu Widodo | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Pagi ini, jagat Twitter dikejutkan dengan peretasan sejumlah akun resmi milik sejumlah tokoh dunia. Mulai dari mantan Presdien AS Barack Obama, calon presiden AS Joe Biden, miliarder Elon Musk, hingga selebritis sekelas Kim Kardashian dan Kanye West.

Hal ini jelas sangat mengejutkan mengingat akun-akun yang diretas merupakan milik tokoh politik penting, bahkan pakar teknologi seperti Elon Musk.

Peretasan yang terjadi secara bersamaan ini juga menimbulkan banyak tanda tanya mengenai keamanan sistem Twitter.

"Ini tampaknya menjadi peretasan terburuk dari platform media sosial utama," kata Dmitri Alperovitch, yang ikut mendirikan perusahaan cybersecurity CrowdStrike kepada Reuters.

Menanggapi masalah ini, CEO Twitter Jack Dorsey akhirnya angkat bicara. Lewat akun Twitter pribadinya (@jack), ia mengatakan ini adalah hari yang berat untuk Twitter. 

Baca Juga: Akun Twitter Elon Musk dan beberapa tokoh terkenal diretas hacker demi Bitcoin

"Kami sedang mendiagnosis dan akan membagikan segala yang kami dapat saat kami sudah mampu memahami secara lebih lengkap tentang apa yang terjadi," ungkap Dorsey melalui akun Twitter resminya.

Seperti dilaporkan sebelumnya, insiden keamanan siber ini membuat saham Twitter anjok hampir 5%. 

Dalam peretasan ini akun yang menjadi korban mencuitkan pesan promosi terkait cryptocurrency. Meskipun sejumlah tweet sudah dihapus, tapi tweet serupa terus muncul beberapa kali.  

Akun para tersohor yang ikut terpengaruh antara lain: pendiri Amazon Jeff Bezos, investor Warren Buffett, pendiri Microsoft Bill Gates, dan akun perusahaan untuk Uber dan Apple. Beberapa akun organisasi yang berfokus pada cryptocurrency juga dibajak.

Baca Juga: Peretasan terburuk: Akun Twitter Biden, Buffett, Obama, Elon Musk dibajak



TERBARU

[X]
×