kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Cetak rekor fantastis, bonus kinerja Bos Disney malah dipangkas


Senin, 20 Januari 2020 / 10:14 WIB
Cetak rekor fantastis, bonus kinerja Bos Disney malah dipangkas
ILUSTRASI. Toko Disney

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. CEO dan Co Chairman Walt Disney Bob Iger mengantongi kompensasi atau bonus kinerja dari perusahaannya sebesar US$ 47,5 juta pada 2019. Walau terdengar fantastis, namun jumlah itu merosot 28% dari bonus yang didapatkan di tahun sebelumnya. 

Penurunan jumlah bonus tersebut terjadi setelah pemegang saham menunjukkan ketidaksenangan dengan besaran gajinya yang masuk dalam kategori paling tinggi di antara perusahaan terbuka lain. 

Dikutip dari Forbes, dalam pengarsipan sekuritas, Disney telah menurunkan kompensasi Iger dua kali sejak pemegang saham mengeluarkan teguran pada 2018. Mereka menilai paket gaji yang didapatkan Iger terlalu berlebihan. 

Baca Juga: Luncurkan serial perdana, Disney+ jadi ancaman nyata bagi dominasi Netflix

Disney memberi Iger kenaikan gaji dan tumpukan insentif saham senilai lebih dari US$ 100 juta ketika pada Desember 2017 dirinya setuju untuk memperpanjang kontrak sebagai pimpinan perusahaan. Selain itu, bonus diberikan lantaran kala itu Iger berhasil menyelesaikan proses akuisisi 21st Centruy Fox senilai US$ 71,3 miliar dan menunda masa pensiunnya. 

Kritik atas upah yang dikantongi Iger pun datang dari ahli waris Disney, Abigail Disney yang kemudian menjadi perbincangan di kalangan luas terutama terkait kesetaraan upah antara CEO dan pegawai. Pada 2018, Iger mengantongi kompensasi sebesar US$ 65,6 juta, sebagian didapatkan dalam bentuk insentif saham senilai US$ 26,3 juta yang merupakan salah satu insentif yang ditawarkan perusahaan berdasarkan kontrak tahun 2017. 

Pada Maret lalu, komite kompensasi perusahaan dan Iger sepakat untuk mengurangi hak kenaikan gajinya sebesar US$ 500.000 juga mengurangi insentif dan bonus sebesar US$ 13 juta. Adapun pada Desember Iger juga sepakat tak akan mengambil bonus US$ 5 miliar yang seharusnya dia kantongi berdasarkan kontraknya. 

Baca Juga: Kasihan, pekerja badut karakter Disney kerap dilecehkan di taman hiburan

Adapun jajaran pimpinan Disney memuji rekam jejak Iger di pucuk pimpinan konglomerasi media raksasa. Pasalnya harga saham Disney tercatat melambung pasca perusahaan meluncurkan layanan video streaming on demand, Disney+ yang dinilai positif oleh investor. Selain itu, di bawah Iger, Disney juga mencatatkan kinerja beberapa film blockbuster dengan lima film menghasilkan lebih dari US$ 1 miliar. 

Sebelumnya, Abigail Disney sempat mengritisi kompensasi yang didapatkan Iger di 2018. Dia menyebut nilai yang didapatkan Iger tersebut "gila". Pernyataan yang dia ungkapkan dalam sebuah even dengan fastCompany tersebut menimbulkan kegegeran di Twitter dan memunculkan debat mengenai kesetaraan upah. (Mutia Fauzia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bonus Bos Disney Dipangkas Ratusan Miliar Rupiah, Apa Alasannya?".




TERBARU

Close [X]
×