kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chandrayaan-3, Hal yang Perlu Diketahui Tentang Misi Pendaratan India di Bulan


Rabu, 23 Agustus 2023 / 19:28 WIB
Chandrayaan-3, Hal yang Perlu Diketahui Tentang Misi Pendaratan India di Bulan
ILUSTRASI. Kendaraan Peluncur Satelit Geosinkron India Mk III-M1 meluncur membawa Chandrayaan-2, dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, India, 22 Juli 2019. REUTERS/P. Ravikumar


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BENGALURU. Badan Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) semakin mendekati target untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di kutub selatan Bulan.

Berikut adalah fakta-fakta penting tentang misi Chandrayaan-3:

Apa Misi Chandrayaan-3 dari India?

Chandrayaan-3 bertujuan ke kutub selatan Bulan, sebuah wilayah yang memiliki air es, yang dapat menjadi sumber oksigen, bahan bakar, dan air bagi misi bulan di masa depan atau pemukiman Bulan yang lebih permanen.

Jika berhasil mendarat, Chandrayaan-3 diperkirakan akan beroperasi selama dua minggu, melakukan serangkaian eksperimen termasuk analisis spektrometer terhadap komposisi mineral permukaan Bulan.

Baca Juga: India Menghitung Mundur Pendaratan Pesawat Luar Angkasa Chandrayaan-3 di Bulan

Pendarat Chandrayaan-3 memiliki tinggi sekitar 2 meter dan berat lebih dari 1.700 kg, kira-kira setara dengan SUV. Pesawat ini didesain untuk meluncurkan penjelajah bulan dengan berat 26 kg.

Administrator NASA, Bill Nelson, mengatakan kepada Reuters bahwa badan antariksa AS menantikan apa yang dapat dipelajari dari misi India.

Kapan Peluncuran dan Kapan Perkiraan Pendaratan?

Misi Chandrayaan-3 diluncurkan pada 14 Juli dari pusat peluncuran luar angkasa utama India di negara bagian Andhra Pradesh.

Sejak saat itu, satelit tersebut telah berputar melalui orbit Bumi yang semakin luas, berpindah ke orbit Bulan, dan menjadi fokus kebanggaan nasional dan perhatian global setelah upaya Rusia yang tidak berhasil mendarat di kutub selatan Bulan.

Baca Juga: Ledakan di India, Krisis di Rusia: Bagaimana Uang Membentuk Perlombaan Antariksa

Pesawat tersebut diperkirakan akan mendarat sekitar pukul 18.04 waktu setempat pada hari Rabu.

Apa Yang Terjadi Dengan Upaya Pendaratan ISRO di Bulan Sebelumnya?

Upaya India untuk mendarat di kutub selatan Bulan pada 2019 mengalami kegagalan.

Chandrayaan-2 berhasil meluncurkan pengorbit, tetapi pendarat dan penjelajahnya mengalami kecelakaan di lokasi yang hampir sama dengan tempat Chandrayaan-3 akan mencoba mendarat.

Kondisi medan yang sulit menjadi salah satu tantangan pendaratan di kutub selatan. Para ilmuwan dari ISRO menyatakan bahwa mereka telah melakukan penyesuaian untuk meningkatkan peluang keberhasilan pendaratan.




TERBARU

[X]
×