kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

ChemChina meraih restu Syngenta


Sabtu, 06 Mei 2017 / 11:59 WIB
ChemChina meraih restu Syngenta

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Yudho Winarto

ZURICH. ChemChina mendapat banyak dukungan dari pemegang saham Syngenta untuk mengambil alih perusahaan benih dan pestisida tersebut. Nilai akuisisi ChemChina atas Syngenta mencapai US$ 43 miliar.

Kesepakatan transaksi telah diumumkan pada Februari 2016. China sangat ingin menggunakan portofolio bahan kimia kelas atas Syngenta dan benih yang memiliki hak paten sehingga bisa meningkatkan hasil pertanian dalam negeri. Ini adalah transaksi akuisisi terbesar korporasi China.


Berdasarkan angka sementara, sekitar 80,7% saham Syngenta telah ditenderkan. Angka ini di atas ambang minimum 60,7%. Harga penawaran saham Syngenta US$ 465 per saham.

Transaksi tersebut akan ditutup pada 18 Mei setelah pembayaran dividen khusus pemegang saham yang terdaftar di Swiss pada 16 Mei nanti.

Chief Executive Syngenta Erik Frywald seperti dikutip Reuters mengatakan, transaksi ini tak banyak mengubah perusahaan. Syngenta masih jadi perusahaan global berbasis di Swiss tapi di bawah kepemilikan ChemChina. "Transaksi ini hanya transaksi keuangan," tegas dia.




TERBARU

Close [X]
×