kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China akan Tingkatkan Dukungan Kredit untuk Proyek Investasi Swasta


Jumat, 05 Mei 2023 / 10:57 WIB
China akan Tingkatkan Dukungan Kredit untuk Proyek Investasi Swasta
ILUSTRASI. Perencana negara China akan meningkatkan dukungan kredit untuk proyek-proyek investasi dengan investasi swasta


Sumber: People's Daily,Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Perencana negara China akan meningkatkan dukungan kredit untuk proyek-proyek investasi dengan investasi swasta, menurut laporan People's Daily yang dikutip Reuters, Jumat (5/5).

Langkah ini memperkuat upaya untuk mendorong lebih banyak investasi modal swasta dalam proyek-proyek besar.

Meskipun pertumbuhan ekonomi lebih baik dari perkiraan di kuartal I-2023, investasi publik melampaui investasi swasta yang lesu.

Data resmi menunjukkan, investasi aset tetap sektor swasta hanya tumbuh 0,6% selama Januari-Maret dari tahun sebelumnya, sementara investasi sektor negara melonjak 10,0%.

Seorang pejabat dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) mengatakan kepada People's Daily bahwa sebagai bagian dari upaya untuk mendorong investasi swasta, modal swasta akan diperlakukan sama, tanpa diskriminasi, saat mendistribusikan dana investasi pemerintah.

Baca Juga: China Berupaya Meyakinkan Rusia dan India untuk Memperkuat Kerja Sama

"Dalam beberapa tahun terakhir, karena dampak dari situasi ekonomi global dan pandemi, beberapa perusahaan swasta mengalami penurunan laba, kekurangan arus kas, dan ketidakmampuan untuk berinvestasi kembali," kata pejabat NDRC yang dikutip surat kabar itu.

"Selain itu, beberapa perusahaan swasta menghadapi kesulitan pembiayaan dan biaya pembiayaan yang tinggi, yang mengakibatkan ketidakmampuan mereka untuk ambil bagian dalam proyek infrastruktur besar yang diibaratkan seperti kuda kecil menarik kereta besar," kata People's Daily.

Beberapa perusahaan swasta mengatakan mereka bersedia untuk berpartisipasi dalam proyek dengan harapan hasil yang baik tetapi masih ada hambatan nyata atau tidak nyata untuk akses pasar.

Menurut pejabat NDRC, pemerintah daerah pada tahun 2022 mempromosikan lebih dari 50.000 proyek kepada investor dan sekitar 9.000 di antaranya menarik modal swasta hingga sekitar 2,9 triliun yuan (US$ 419,44 miliar).

Politbiro, badan pembuat keputusan tertinggi dari Partai Komunis yang berkuasa, mengatakan pekan lalu bahwa pemerintah akan memperkuat kepercayaan bisnis dan mendorong investasi swasta. ($1 = 6,9139 yuan renminbi Tiongkok)




TERBARU

[X]
×