kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

China batalkan pengenaan tarif terhadap produk pertanian AS


Minggu, 15 Desember 2019 / 13:40 WIB
China batalkan pengenaan tarif terhadap produk pertanian AS
ILUSTRASI. Sebuah crane mengangkat sebuah kontainer dari sebuah truk di sebelah sebuah kapal kargo di sebuah pelabuhan di Yantai, provinsi Shandong, Cina 17 Oktober 2019.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SHANGHAI.  China memutuskan menangguhkan tarif tambahan untuk beberapa produk Amerika Serikat (AS) yang akan diimplementasikan pada 15 Desember 2019 ini.

Hal itu diumumkan komisi tarif pabean Dewan Negara China pada hari Minggu, setelah dua negara ekonomi terbesar di dunia itu menyetujui kesepakatan perdagangan "fase satu" pada Jumat.

Baca Juga: Perjanjian dagang bakal AS-China teken Januari 2020, ini isi lengkapnya

Kesepakatan fase satu antara China dan AS ini, yang isunya telah berputar-putar selama berbulan-bulan dan menekan pasar global, merupakan sebuah lompatan besar untuk perekonomian global.

Hal ini juga menjadi peluang pembelian produk-produk pertanian AS oleh Tiongkok dan barang-barang lainnya dari Tiongkok masuk ke pasar AS.

Mengutip Reuters, Minggu (15/12),  tarif pembalasan China, yang mulai berlaku pada 15 Desember, sebelumnya dimaksudkan untuk menargetkan barang mulai dari jagung dan gandum hingga kendaraan buatan AS dan suku cadang kendaraan bermotor.

Baca Juga: Bill Gates rela begadang sampai pukul 3 pagi karena membaca buku ini

Tarif China lainnya yang telah diterapkan pada barang AS akan diberlakukan, kata komisi itu dalam pernyataan yang dikeluarkan di situs web departemen pemerintah termasuk kementerian keuangan China.




TERBARU

Close [X]
×