kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Bersiap Menghadapi Konflik dengan AS Terkait Taiwan, Ini Tanda-tandanya


Selasa, 25 Oktober 2022 / 07:01 WIB
China Bersiap Menghadapi Konflik dengan AS Terkait Taiwan, Ini Tanda-tandanya
ILUSTRASI. China sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi konflik atas kemungkinan terjadinya bentrokan dengan Amerika Serikat atas Taiwan. REUTERS/Dado Ruvic


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi konflik atas kemungkinan terjadinya bentrokan dengan Amerika Serikat atas Taiwan. Salah satu tandanya adalah seorang jenderal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dengan pengalaman tempur terpilih kembali sebagai wakil ketua Komisi Militer Pusat (CMC) pada hari Minggu (23/10/2022).

Melansir The Straits Times, Presiden China Xi Jinping membengkokkan aturan "tujuh naik, delapan turun" yang tidak tertulis untuk Jenderal Zhang Youxia, 72 tahun. Dia adalah seorang veteran Perang Tiongkok-Vietnam 1979 dan salah satu dari segelintir jenderal PLA dengan pengalaman tempur.

Jenderal Zhang, sebelumnya merupakan wakil ketua peringkat kedua CMC, terpilih sebagai wakil ketua pertama komisi dan mempertahankan kursinya di Politbiro yang beranggotakan 24 orang setelah pertemuan elit Partai Komunis pada hari Minggu.

Norma tidak resmi partai menyatakan bahwa mereka yang berusia di atas 68 tahun tidak memenuhi syarat untuk tetap tinggal atau dipromosikan lebih lanjut ke Politbiro pada awal masa jabatan baru.

Pemilihannya di pleno pertama, pertemuan Komite Sentral partai yang memulai masa jabatan lima tahun baru sehari setelah berakhirnya kongres partai, mengkonfirmasi prediksi sebelumnya oleh The Straits Times.

Baca Juga: Pasar Saham China Merespons Negatif Terpilihnya Xi Jinping jadi Presiden Tiga Periode

CMC adalah komando tinggi militer China, yang bertanggung jawab atas lebih dari dua juta personel aktif di PLA. Diketuai oleh Xi Jinping dan didukung oleh dua wakil ketua dan empat anggota.

Seperti Xi Jinping, Jenderal Zhang adalah penduduk asli provinsi Shaanxi dan "pangeran" - keturunan elit politik China. Ayah mereka dikenal sebagai teman dekat.

Jenderal Zhang adalah yang tertua di Komite Sentral baru yang beranggotakan 205 orang, dari mana anggota Komite Tetap Politbiro dan Politbiro yang lebih luas diambil.

Wakil ketua CMC peringkat kedua yang baru adalah Jenderal He Weidong, 65 tahun, yang juga terpilih menjadi anggota Politbiro.

Baca Juga: Kim Jong Un Ucapkan Selamat ke Xi Jinping, Berharap Hubungan yang Lebih Indah

Dia menjabat sebagai komandan Komando Teater Timur (ETC) PLA dari 2019 hingga Januari 2022, mengawasi pasukan dari berbagai cabang PLA yang bertanggung jawab atas Selat Taiwan sepanjang 180 km yang memisahkan Taiwan dan daratan China.




TERBARU

[X]
×