kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

China dan AS sepakat batalkan tarif impor secara bertahap, perang dagang berakhir?


Kamis, 07 November 2019 / 21:35 WIB

China dan AS sepakat batalkan tarif impor secara bertahap, perang dagang berakhir?
ILUSTRASI. Perang dagang Amerika dan China.

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kementerian Perdagangan China menyatakan, Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk membatalkan secara bertahap tarif yang mereka kenakan selama perang dagang yang sudah berlangsung 16 bulan.

Kesepakatan perdagangan sementara AS-Cina secara luas kemungkinan akan mencakup janji Washington untuk membatalkan tarif yang mereka jadwalkan berlaku 15 Desember nanti atas impor China senilai US$ 156 miliar, termasuk telepon seluler, laptop, dan mainan.

"Pembatalan tarif adalah syarat penting untuk kesepakatan apa pun," kata juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng seraya menambahkan, kedua negara harus secara bersamaan membatalkan beberapa tarif untuk mencapai kesepakatan perdagangan fase satu.

Baca Juga: China says have agreed with US to cancel tariffs in different phases

"Perang dagang dimulai dengan tarif, dan harus diakhiri dengan pembatalan tarif," ujar Gao dalam jumpa pers reguler di Beijing, Kamis (7/11), seperti dikutip Reuters.

Proporsi tarif yang Chin dan AS batalkan untuk mencapai kesepakatan perdagangan tahap pertama harus sama. Tapi, Gao bilang, jumlah yang kedua negara batalkan bisa mereka negosiasikan, tanpa memerinci lebih lanjut.

"Dalam dua minggu terakhir, para negosiator utama dari kedua belah pihak telah melakukan diskusi yang serius dan konstruktif untuk menyelesaikan berbagai masalah inti dengan tepat," sebut Gao.

Baca Juga: Rumor hangat: Penandatangan kesepakatan AS-China kemungkinan ditunda hingga Desember


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×