kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Dukung Keanggotaan Penuh Palestina di PBB


Sabtu, 09 Maret 2024 / 08:40 WIB
China Dukung Keanggotaan Penuh Palestina di PBB
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping dan Presiden Palestina Mahmud Abbas menghadiri upacara penandatanganan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China 14 Juni 2023. JADE GAO/Pool via REUTERS


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - China secara tegas dan terbuka memberikan dukungannya terhadap keanggotaan penuh negara Palestina di PBB.

Dukungan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, saat bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas, di kota Ramallah, Tepi Barat, hari Kamis (7/3).

"Kami mendukung Palestina menjadi anggota resmi PBB. Bencana di Gaza kembali mengingatkan dunia bahwa fakta bahwa wilayah Palestina telah lama diduduki tidak bisa lagi diabaikan," kata Wang, dikutip Arab News.

Dalam pernyataannya, Wang juga menyoroti adanya ketidakadilan historis yang diderita oleh rakyat Palestina. Situasi buruk itu dinilai sudah saatnya untuk diakhiri.

Baca Juga: China Rilis Pernyataan Sikap Terkait Penyelesaian Konflik Palestina-Israel

"Keinginan lama rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka tidak dapat lagi dihindarkan, dan ketidakadilan historis yang diderita oleh rakyat Palestina tidak dapat berlanjut dari generasi ke generasi tanpa adanya perbaikan," lanjutnya.

China jadi salah satu negara yang konsisten menyerukan gencatan senjata di Gaza sejak Israel dan Hamas berperang di kawasan itu pada Oktober 2023.

Secara historis, China juga selalu bersimpati pada perjuangan Palestina dan mendukung solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina.

Presiden China, Xi Jinping, juga telah menyerukan dibentuknya konferensi perdamaian internasional untuk menyelesaikan pertempuran antara Israel dan Hamas.

Baca Juga: Xi Jinping: China Akan Terus Membantu Palestina untuk Mendapatkan Haknya

Tengah tahun lalu, Xi dan Abbas mengadakan pembicaraan di Beijing. Kedua pemimpin mengumumkan pembentukan kemitraan strategis antara China dan Palestina.

Xi menegaskan bahwa China selama ini mendukung rakyat Palestina untuk memulihkan hak-hak nasional mereka yang sah. Xi berjanji akan terus bekerja untuk mencari solusi yang komprehensif, adil dan tahan lama dari masalah kedaulatan Palestina.

"China dan Palestina adalah teman baik dan mitra baik yang saling percaya dan mendukung. China adalah salah satu negara pertama yang mengakui Organisasi Pembebasan Palestina dan Negara Palestina," kata Xi dalam pidatonya, dikutip Xinhua (14/6/2023).

Perang di Gaza hingga saat ini telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan memaksa jutaan warganya hidup sebagai pengungsi di bawah ancaman bencana kelaparan.

Selanjutnya: Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini, Sabtu (9/3): Persib Bandung vs Persija Jakarta

Menarik Dibaca: McDonalds Promo Happy Meal McD Terbaru Seri Sonic The Hedgehog 1-28 Maret 2024




TERBARU

[X]
×