kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China kembalikan lima warga negara India yang sempat ditahan di perbatasan


Sabtu, 12 September 2020 / 20:19 WIB
China kembalikan lima warga negara India yang sempat ditahan di perbatasan
ILUSTRASI. An Indian Central Reserve Police Force (CRPF) personnel stands guard at a checkpoint along a highway leading to Ladakh, at Gagangeer in Kashmir's Ganderbal district September 2, 2020. REUTERS/Danish Ismail


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW DELHI/SHANGHAI. Lima warga negara India dari negara bagian timur terpencil yang ditahan otoritas China di wilayah yang berbatasan dengan Tibet diserahkan kepada otoritas India pada hari Sabtu, kata tentara India.

“Mereka sekarang akan dikarantina selama 14 hari sesuai protokol COVID-19 dan setelah itu akan diserahkan kepada anggota keluarga mereka,” kata Letnan Kolonel Harsh Wardhan Pande, juru bicara tentara India, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Sabtu (12/9).

Pande mengatakan kelima pemuda itu secara tidak sengaja menyimpang melintasi perbatasan defacto saat mencari makan dan berburu. Ia menambahkan bahwa dua insiden serupa terjadi tahun ini di negara bagian Arunachal Pradesh, India, yang berbatasan dengan China.

Namun, tabloid yang didukung pemerintah China mengatakan kelima orang itu adalah agen intelijen India yang berpakaian seperti pemburu, membantah klaim bahwa mereka telah diculik.

Baca Juga: CPO Malaysia: Stok Per Agustus Stagnan, Ekspor Merosot

Ketegangan hubungan bilateral kedua negara terjadi sejak bentrokan di daerah perbatasan yang disengketakan pada bulan Juni 2020 yang menewaskan 20 tentara India, dengan jumlah korban China yang tidak diketahui.

Pada hari Selasa, menyusul laporan bahwa lima orang India dari negara bagian Arunachal Pradesh telah hilang, seorang menteri India mengatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China mengonfirmasi bahwa mereka telah ditemukan di China.

Hilangnya mereka bertepatan dengan konfrontasi perbatasan minggu itu di Himalaya barat, di mana keduanya menuduh satu sama lain menembak ke udara.

Baca Juga: Sah, Jepang dan India tandatangani kesepakatan kerja sama pertahanan baru

Kedua belah pihak telah lama mengamati protokol yang menghindari penggunaan senjata api di perbatasan yang tidak dibatasi, meskipun kekerasan telah meletus di masa lalu.




TERBARU

[X]
×