China luncurkan kapal perusak Kaifeng dalam perayaan 100 tahun Partai Komunis

Senin, 05 Juli 2021 | 11:12 WIB Sumber: Global Times
China luncurkan kapal perusak Kaifeng dalam perayaan 100 tahun Partai Komunis

ILUSTRASI. Kapal perusak berpeluru kendali Qiqihar  yang terpasang pada armada kapal perusak dengan angkatan laut di bawah Komando Teater Utara PLA menembakkan sistem senjata jarak dekat selama uji tembak langsung maritim pada 7 Juni 2021.


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hari jadi Partai Komunis China yang ke 100 tahun sekaligus menjadi penguatan Angkatan Laut China yang baru saja menerima kapal perusak Type 052D baru untuk bertugas. Kapal bernama Kaifeng ini muncul untuk pertama kalinya pada hari Jumat (2/7).

Dilansir dari Global Times, kapal perang Kaifeng berlayar dan mengadakan latihan skenario pertempuran di perairan yang dirahasiakan.

Beberapa foto yang dilampirkan website resmi militer China menunjukkan bahwa Kaifeng adalah kapal perusak Type 052D dengan nomor lambung 124.

Kaifeng akan mulai bertugas dengan mengikuti latihan tempur, termasuk penembakan langsung dari meriam utama dan sistem senjata jarak dekat, lepas landas dan pendaratan helikopter berbasis kapal, serta penembakan senjata ringan di laut.

Ini merupakan pertama kalinya Kaifeng muncul dalam laporan resmi militer China. Menariknya, Kaifeng langsung diterjunkan dalam latihan tempur.

Hal ini seolah menunjukkan kemampuan industri militer China yang bisa dengan cepat menerjunkan armada tempur baru ke lapangan.

Baca Juga: Di perayaan 100 tahun Partai Komunis, helikopter baru militer China tampil perdana

Jika dilihat dari urutannya, Kaifeng adalah unit Type 052D keempat yang memasuki layanan Angkatan Laut China pada tahun 2021. Sebelum Kaifeng, ada tiga kapal lain, yakni Suzhou, Huainan dan Nanning.

Angkatan Laut China juga telah menugaskan dua kapal perusak besar Type 055 tahun ini, Lhasa dan Dalian. Ada juga kapal serbu amfibi Type 075 Hainan dan kapal selam tenaga nuklir dengan rudal balistik Type 09IV Changzheng 18.

Industri pembuatan kapal China, sama seperti industri penerbangannya, telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Partai Komunis China.

Pernyataan resmi Angkatan Laut China yang dirilis hari Jumat juga menegaskan sumpah untuk memperkuat militer dan memenangkan pertempuran dengan terus berlatih sesuai dengan semangat partai.

Selanjutnya: AS: Peningkatan kekuatan militer China mulai mengkhawatirkan

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru