kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China minta media lokal sensor pemberitaan soal Alibaba, ada apa?


Jumat, 08 Januari 2021 / 17:08 WIB
China minta media lokal sensor pemberitaan soal Alibaba, ada apa?
ILUSTRASI. Logo Alibaba Group. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Pemerintah China meminta para media lokal untuk menyensor pemberitaan soal dugaan persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan Alibaba Group. Hal  tersebut telah menjadi isu yang sensitif buat politik nasional CIna. 

Melansir Bloomberg, Jumat (8/1) Badan Propaganda China sejak akhir tahun lalu telah meminta sejumlah media buat menggunakan pernyataan resmi terkait penyelidikan Alibaba, sekaligus melarang untuk memberikan analisis panjang.

Konglomerasi Alibaba jadi bidikan tama setelah kampanye pemerintah tren monopolistik industri teknologi. Ini turut mempengaruhi aksi lini bisnis pembayaran digital Alibaba yaitu Ant Group dalam menyiapkan penawaran umum senilai US$ 35 miliar. Aksi IPO Ant juga jadi salah satu pemicu digelarnya investigasi. 

Baca Juga: Apple dikabarkan gandeng Hyundai untuk produksi Apple Car

Adapun Bos Alibaba Jack Ma disebut sumber Bloomberg juga telah diminta oleh pemerintah untuk tak meninggalkan China. Sementara sejumlah pos daring berspekulasi bahwa keberadaan Ma juga turut disensor pemerintah 

Adapun sebagai bagian pemblokiran sejumlah situs global seperti Google, Facebook, dan Twitter, otoritas di BEijing kini juga makin mengetatkan akses pemberitaan kepada media lokal yang dinilai sensitif.

Selama pandemi, platform sosial media memang kerap jadi saluran mengkritik pemerintahan, sementara informasi soal protes di Hong Kong bahkan telah dihapus dari jagat internet Cina. 

Adapun platform media yang didukung Alibaba juga telah menerbitkan editorial yang memperingatkan hukuman berlebihan terhadapnya dilakukan untuk menghentikan telah membuat penghentian operasi selama sebulan. 

Di sisi lain, kekayaan Jack Ma tercatat terus merosot sampai US$ 11 miliar sejak Oktober saat pemerintah mulai megintervensi bisnisnya. Atas hal tersebut, predikat Ma sebagai orang paling tajir di Asia pun merosot, kini nilai kekayaan bersihnya menjadi US$ 50,9 miliar. 

Baca Juga: China: Duta Besar AS untuk PBB ke Taiwan, Amerika akan membayar mahal

Sementara itu dalam beberapa minggu terakhir sejumlah raksasa teknologi asal Cina juga telah kehilangan banyak uang di pasar. Saha Tencent Holdings misalnya merosot sampai 15% sejak awal November lalu. Kemudian Meituan juga merosot hampir seperlima dari harga tertingginya bulan alu. Adapun Obligasi Alibaba di Amerika juga mencatat penurunan harga sampai 25% sejak akhir Oktober.

“Ada tren yang menunjukkan bahwa raksasa teknologi Cina kini memang tengah dipantau otoritas. Regulasi anti monopoli, dan persaingan usaha adalah salah satu pemicunya,” ujar Bruce Pang, Head of Macro and Strategy Resecarch China Renaissance Securities.

Selanjutnya: Morgan Stanley Capital International depak tiga perusahaan telko China dari indeks




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×