China sebut hanya sedikit perusahaan yang memindahkan rantai pasokan ke luar negeri

Selasa, 02 Juli 2019 | 11:09 WIB Sumber: Reuters
China sebut hanya sedikit perusahaan yang memindahkan rantai pasokan ke luar negeri


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Direktur Kementerian Perdagangan China Chu Shijia mengatakan, hanya sejumlah kecil perusahaan yang memindahkan pasokan mereka keluar dari China sebagai efek perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, China mengaku ada tanda-tanda bahwa beberapa perusahaan mengalihkan produksi mereka ke negara-negara lain ketika perang perdagangan AS-China berlarut-larut. "Jadi masalahnya tidak boleh dilebih-lebihkan," ujar Chu dalam briefing ke media, Selasa (2/7), seperti dilansir Reuters.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa produsen China sudah mulai memindahkan kapasitas produksi mereka ke negara-negara seperti Vietnam dan Kamboja, karena biaya operasional yang tinggi di China.

Perselisihan China-AS sekarang mendorong lebih banyak untuk mengikutinya, terutama pembuat barang-barang berteknologi rendah dan bernilai rendah.

Beberapa perusahaan China awalnya khawatir ketika gesekan perdagangan dimulai, tetapi sekarang mereka telah menemukan beberapa cara untuk memotong biaya dan untuk meminimalkan dampaknya, kata Chu.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru