kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China siaga tinggi saat AS kirim kapal perusak berpeluru kendali ke Selat Taiwan


Kamis, 20 Agustus 2020 / 00:00 WIB
China siaga tinggi saat AS kirim kapal perusak berpeluru kendali ke Selat Taiwan


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TAIPE. Amerika Serikat (AS) mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan pada Selasa (18/8) dalam apa yang mereka katakan sebagai demonstrasi dari "komitmennya untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Karena ketegangan militer antara Washington, Beijing, dan Taipei di kawasan itu terus membara.

Menurut Armada Pasifik AS, USS Mustin, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke Angkatan Laut AS, melakukan transit rutin melalui jalur air yang memisahkan Taiwan dari daratan China, South China Morning Post melaporkan.

"Armada ke-7 AS (yang bermarkas di Jepang) melakukan operasi Angkatan Laut yang dikerahkan ke depan untuk mendukung kepentingan nasional AS di wilayah operasi Indo-Pasifik," kata Armada Pasifik AS dalam sebuah pernyataan, Rabu (19/8).

Baca Juga: Kembali bergolak, kapal induk AS Ronald Reagan kembali lagi ke Laut China Selatan

Sebagai armada Angkatan Laut AS terbesar, Armada ke-7 berinteraksi dengan 35 negara maritim lainnya untuk membangun kemitraan yang mendorong keamanan maritim, meningkatkan stabilitas, dan mencegah konflik.

Pasukan AS akan terus "terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional," sebut Armada Pasifik AS.

Taipei mengonfirmasi perjalanan kapal perang AS tersebut, tetapi tidak memberikan perincian lebih lanjut.

"Militer mengetahui dan memantau dengan cermat semua aktivitas di laut dan udara di dekat Selat Taiwan melalui gabungan intelijen yang dikumpulkannya," ujar Kementerian Pertahanan Taiwan.

Baca Juga: Di Laut China Selatan, Garnisun China di Hong Kong gelar latihan anti-kapal selam

Laporan berita lokal mengatakan pada Rabu (19/8), USS Mustin berlayar dekat dengan Kepulauan Matsu yang diperintah Taipei, yang terletak di lepas pantai Timur daratan China dan pernah memiliki pos-pos militer Taiwan.

China juga kirim kapal perusak berpeluru kendali




TERBARU

[X]
×