kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Group tuntaskan akuisisi Bank of Commerce


Selasa, 08 Mei 2012 / 15:59 WIB
CIMB Group tuntaskan akuisisi Bank of Commerce
ILUSTRASI. Promo JSM Indomaret 28 April - 2 Mei 2021


Reporter: Astri Kharina Bangun |

KUALA LUMPUR. CIMB Group Holdings menuntaskan kesepakatan pembelian saham bersyarat (Share Purchase Agreements) dengan San Miguel Properties Inc, San Miguel Corporation Retirement Plan, dan beberapa pemegang saham minoritas untuk rencana akuisisi 60% saham Bank of Commerce (BoC) di Filipina.

Akuisisi tersebut dilakukan pada harga 181,25 peso Filipina per saham. Total nilai akuisisi yang dilakukan dengan mekanisme pembayaran tunai ini diperkirakan mencapai 12,203 miliar peso Filipina atau setara 881 juta ringgit Malaysia. Nilai buku BoC per 31 Desember adalah 1,14x. Namun, dengan perhitungan penuh masuk menjadi bagian CIMB Group dan kebijakan provisi, nilai buku efektif diperkirakan bisa mencapai 1,3x

"Sebagai bank universal ASEAN, ekspansi ke Filipina ini merupakan sesuatu yang wajar. Kami percaya masuk ke pasar pada waktu, penawaran, dan dengan mitra yang tepat," ungkap Group Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak, Selasa, (8/5) dalam siaran pers yang diterima KONTAN.

BoC berdiri pada 1963. Dari segi aset, BoC menempati urutan terbesar ke-16 dibandingkan seluruh perbankan di Filipina. Bisnis yang dijalankan BoC selama ini mencakup produk simpanan masyarakat, korporasi, konsumer, treasuri, asset management, perdagangan, trust, kartu kredit, sampai usaha kecil dan menengah. Saat ini BoC mengoperasikan 122 cabang dengan 300 ATM di seluruh Filipina.

"Dengan akuisisi ini CIMB Group optimis BoC akan terus tumbuh baik dari sisi penyaluran kredit, dana pihak ketiga, maupun rasio modal. Masuknya BoC ke CIMB Group akan meningkatkan jaringan ritel kami menjadi 1.239 cabang penuh," ungkap Nazir.

Ia melanjutkan, CIMB Group juga optimistis dengan prospek jangka panjang dari perekonomian Filipina. Rata-rata pertumbuhan PDB Filipina mencapai rata-rata 4,9% selama 10 tahun terakhir.

Rencana akuisisi ini tidak memiliki dampak material terhadap aset maupun pendapatan bersih CIMB Group sampai dengan akhir tahun 2012 dan tidak memiliki efek apapun terhadap modal saham CIMB Group.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×