kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citizens Financial Ajukan Penawaran untuk Akuisisi Bank Swasta Silicon Valley Bank


Jumat, 24 Maret 2023 / 12:00 WIB
Citizens Financial Ajukan Penawaran untuk Akuisisi Bank Swasta Silicon Valley Bank
ILUSTRASI. SVB (Silicon Valley Bank) yang sedang diincar Citizens Financial


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Citizens Financial Group Inc tengah berusaha melakukan penawaran untuk mengakuisisi bisnis perbankan swasta dari Silicon Valley Bank (SVB) yang telah bangkrut.

Melansir Reuters pada Jumat (24/3), Citizens, salah satu bank regional terbesar di Amerika Serikat, sedang bersiap untuk mengajukan penawaran dalam lelang bisnis tersebut, yang disebut SVB Private.

Adapun, lelang ini ditangani oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), yang telah menetapkan batas waktu hari Jumat untuk penawaran. Dari sumber yang tidak disebutkan namanya, belum ada kesepakatan yang pasti terkait akuisisi yang bersifat rahasia ini.

FDIC mencoba untuk menjual SVB Private bersama Silicon Valley Bank selama beberapa waktu belakang, setelah bank yang berfokus pada teknologi ini diambil alih oleh regulator pada 10 Maret. Namun, gagal mencapai kesepakatan untuk menjual keduanya secara bersamaan.

Sejak saat itu, mereka meminta penawaran terpisah untuk SVB Private dan Silicon Valley Bank sebelum 24 Maret. SVB Financial Group, mantan induk Silicon Valley Bank yang mengajukan perlindungan kebangkrutan minggu lalu, tidak menjadi bagian dari proses ini.

Baca Juga: Dana Asing Terus Mengalir di Pasar SBN Pasca Kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB)

Untuk diketahui, SVB Private menyediakan layanan perbankan, manajemen kekayaan dan perwalian untuk individu-individu dengan kekayaan bersih tinggi. Sebagian besar terdiri dari Boston Private, manajer kekayaan yang diakuisisi oleh Silicon Valley Bank pada tahun 2021.

Citizens Financial telah berekspansi melalui akuisisi. Perusahaan ini menyelesaikan pembelian jaringan cabang HSBC Holdings Plc di Pantai Timur AS pada Februari 2022, dan dua bulan kemudian menyelesaikan kesepakatan untuk membeli Investors Bancorp, yang menambah keberadaannya di antara New York City dan Philadelphia.

Pemberi pinjaman yang berbasis di Providence, Rhode Island ini merupakan bank terbesar ketiga berdasarkan deposito di negara bagian Massachusetts. Bank ini hadir di 14 negara bagian dan District of Columbia, dan berada di antara 15 bank teratas secara nasional berdasarkan jumlah deposito.

Reuters melaporkan bahwa pemberi pinjaman regional lainnya, First Citizens BancShares, telah mengajukan penawaran untuk seluruh aset Silicon Valley Bank yang akan dijual oleh FDIC.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×