kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Corona belum berakhir. China diserang virus lain


Senin, 12 Oktober 2020 / 14:48 WIB
Corona belum berakhir. China diserang virus lain
ILUSTRASI. Ilustrasi. Corona belum berakhir. China diserang virus lain


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Taiyuan. Pandemi virus corona belum berakhir di seluruh dunia. Di China, kini ada serangan virus yang lain, yakni norovirus.

Lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanxi, China utara, mengalami diare dan muntah-muntah. Insiden dilaporkan terjadi sejak Rabu (7/10/2020), ungkap pihak universitas itu pada Minggu (11/10/2020) yang diberitakan Xinhua.

Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Taiyuan kemudian mengambil sampel dari 28 kasus mahasiswa itu untuk melakukan tes norovirus pada Rabu dan Sabtu (10/10). Hasilnya menunjukkan bahwa 11 kasus dinyatakan positif, menurut sejumlah sumber dari universitas tersebut.

Hingga Minggu pukul 17.00 waktu setempat, sebanyak 22 pasien yang mengalami diare dan muntah-muntah akibat virus ini maupun faktor lainnya, masih dirawat di rumah sakit. Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi telah melakukan disinfeksi di kompleks asrama, ruang kelas, kantin, dan area publik lainnya.

Baca juga: Inilah tips hemat pengeluaran di tengah ancaman resesi ekonomi

Edukasi kesehatan pun diperkuat dan dilakukan pemantauan gejala untuk semua staf dan mahasiswa mereka. Otoritas pengendalian dan pencegahan setempat saat ini masih menyelidiki sumber infeksi.

Merujuk Wikipedia, norovirus adalah genus virus di dalam keluarga Caliciviridae. Norovirus hanya memiliki satu spesies, yaitu Norwalk virus. Virus ini merupakan penyebab paling umum gastroenteritis nonbakterial di seluruh dunia.

Norovirus menyerang orang-orang dari segala usia dan ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi melalui transmisi fekal–oral. Infeksi ditandai oleh diare tak berdarah, muntah, dan mulas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Selesai Virus Corona, China Kini Diserang Norovirus",

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Harga Rp 278 juta, lelang rumah sitaan BRI Agroniaga ini berlokasi di Depok




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×