Covid-19 Merebak, CDC AS Terbitkan Travel Warning ke Meksiko, Brasil, Singapura

Selasa, 01 Februari 2022 | 06:15 WIB Sumber: Reuters
Covid-19 Merebak, CDC AS Terbitkan Travel Warning ke Meksiko, Brasil, Singapura


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan agar tidak bepergian ke sejumlah negara karena tingginya tingkat infeksi virus corona, termasuk Meksiko, Brasil, Singapura, Ekuador, Kosovo, Filipina dan Paraguay.

Mengutip Reuters, Selasa (1/2), CDC kini mencantumkan hampir 130 negara dan wilayah dengan kasus Covid-19 pada level empat, yakni kategori sangat tinggi. CDC juga menambahkan Anguilla, Guyana Prancis, Moldova, Saint Vincent dan Grenadines ke level tertinggi ini.

Departemen Luar Negeri AS juga menaikkan imbauan perjalanannya untuk Meksiko dan beberapa negara lain yang terdaftar oleh CDC ke Level 4: Jangan bepergian.

Sejak pertengahan Desember, pemerintah AS telah menambahkan lebih dari 60 negara dan wilayah ke daftar tempat yang harus dihindari, seiring merebaknya varian virus corona Omicron.

Baca Juga: Studi Terbaru di AS Ini Semakin Menguatkan Varian Omicron Lebih Ringan

CDC juga menaikkan peringatan perjalanan untuk 11 negara dan wilayah ke "Level Tiga: Tinggi" yang mendesak orang Amerika yang tidak divaksinasi untuk menghindari perjalanan yang tidak penting: Bhutan, Brunei, Komoro, Polinesia Prancis, Gambia, Guinea, Guinea-Bissau, Honduras, Liberia , Nepal dan Oman. Sekarang daftar sekitar 53 negara dan wilayah di level tinggi." 

CDC mencantumkan 16 negara di "Level 2: Sedang" atau "Level 1: Rendah" dan 40 tujuan lainnya terdaftar sebagai tidak diketahui.

Bulan lalu, Amerika Serikat setuju untuk mencabut pembatasan perjalanan di delapan negara Afrika selatan yang diberlakukan pada November atas Omicron, termasuk Afrika Selatan.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru