kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,27   2,40   0.28%
  • EMAS913.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

CVC sodorkan penawaran akuisisi Toshiba senilai US$ 21 miliar


Jumat, 09 April 2021 / 13:55 WIB
CVC sodorkan penawaran akuisisi Toshiba senilai US$ 21 miliar
ILUSTRASI. CVC dikabarkan telah menyodorkan penawaran akuisisi Toshiba senilai US$ 21 miliar.

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - TOKYO. CVC Capital Partners dikabarkan telah melakukan penawaran untuk melakukan pembelian Toshiba Corp dengan harga ¥ 5.000 per saham. Tawaran tersebut akan memberi nilai Toshiba menjadi ¥ 2,28 triliun atau setara dengan US$ 21 miliar.

Dengan adanya tawaran tersebut, dewan direksi Toshiba berencana membentuk komite khusus untuk mempertimbangkan proposal CVC tersebut. Toshiba akan menilai proposal tersebut dengan hati-hati dan akan memberikan pengumuman jika diperlukan.

Seperyi dikutip Bloomberg, Toshiba juga belum membicarakan proposal ini dengan Effisimo Capital Management yang berbasis di Singapura sebagai pemegang saham terbesar Toshiba.

Baca Juga: Birkenstock berencana dijual ke CVC Capital senilai US$ 5 miliar

Penawaran CVC ini jika diterima aka menjadi akuisisi terbesar oleh private equity dalam beberapa tahun. Kabar penawaran akuisisi tersebut membuat saham Toshiba melonjak hingga 18%.

Proposal yang diajukan CVC ini datang ketika Toshiba sebenarnya sedang dalam banyak masalah, seperti serangkaian skandal, termasuk denda rekor untuk pencatatan akuntansi yang salah.

Toshiba telah mendatangkan CEO Nobuaki Kurumatani yang juga mantan Senior Executive CVC untuk mengembalikan kepercayaan investor. Konglomerat asal Jepang tersebut merupakan pemain utama dalam sektor pertahanan dan energi di dalam negeri dan memiliki sebagian besar dari Kioxia Holdings Corp.

"Para pemegang saham mungkin menerima karena kesepakatan tersebut tampaknya menawarkan premi," kata Kepala Fund Manager di Shinkin Asset Management Co, Naoki Fujiwara.

Naoki juga mengungkapkan, pemerintah Jepang perlu memberikan persetujuannya karena keterlibatan Toshiba dalam sektor pertahanan. Keterlibatan Toshiba dalam sejumlah industri sensitif dapat mempersulit persetujuan pemerintah untuk penjualan ke entitas asing.

Selain persetujuan dari pemerintah, Pemimpin Toshiba Kurumatani mungkin juga harus bergulat dengan pemegang saham yang tidak senang. Bulan lalu, investor mengeluarkan resolusi yang diajukan oleh Effissimo Capital Management menyerukan penyelidikan atas kewajaran pemungutan suara pada rapat pemegang saham tahunan 2020.

Penawaran akuisisi Toshiba akan menjadi yang kedua di Jepang tahun ini oleh CVC, yang sebelumnya membeli unit perawatan pribadi Shiseido Co. dengan kesepakatan senilai US$ 1,5 miliar.

 

Selanjutnya: Pembuat memori cip terbesar kedua dunia tunda IPO, ini penyebabnya

 




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×