kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Dalam melakukan terobosan teknologi, Jeff Bezos pilih diam, Elon Musk lebih berani


Minggu, 08 September 2019 / 06:35 WIB

Dalam melakukan terobosan teknologi, Jeff Bezos pilih diam, Elon Musk lebih berani

KONTAN.CO.ID -  Bos Amazon Jeff Bezos adalah orang terkaya dunia saat ini. Ia juga termasuk pemimpin yang paling inovatif di Amerika Serikat (AS). Selain menjadi pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos juga memiliki Blue Origin, perusahaan luar angkasa yang ingin membawa manusia ke bulan.

Sedangkan, Elon Musk merupakan pemimpin Tesla dan SpaceX , perusahaan luar angkasa yang bercita-cita ingin membawa manusia ke Planet Mars untuk bergabung dalam sebuah koloni.

Baca Juga: Jeff Bezos berprinsip 'customer first', sedangkan Elon Musk 'technology first'

Kedua pemimpin ini merupakan tokoh yang paling inovatif saat ini di Amerika Serikat.

Meskipun sama-sama inovatif, tapi keduanya memiliki cara sendiri-sendiri dalam mencapai ambisi mereka. Bezos meraih ambisinya dengan menjadikan pelanggan sebagai nomor satu atawa customer first. Sementara Musk menjadikan teknologi sebagai yang pertama technology first.

Ia mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan jauh sebelum mereka menyadarinya, dan saat ini kebutuhan itu belum ditemukan karena keterbatasan teknologi. Untuk itu, ia ingin memecahkan keterbatasan teknologi tersebut untuk meraihnya.

Sementara itu dalam hal visi dan tujuan kedua pemimpin ini punya kekhasan tersendiri.

Mengutip Forbes, Musk dan Bezos berbeda dalam menyuarakan, atau mengomunikasikan visi dan tujuan mereka. Musk sangat berani dan terbuka dalam menyuarakan tujuan usahanya. Sebaliknya, Bezos jauh lebih pendiam.

Yang membuat kedua tokoh ini berbeda dalam menyuarakan visinya berkaitan dengan jenis masalah yang mereka pilih untuk dipecahkan. Bezos mungkin lebih bungkam karena dia secara eksplisit memperhitungkan kebutuhan pelanggan saat ini.

Akibatnya, Bezos tidak perlu terlebih dahulu menjual inovasinya ke publik. Karena ia harus mengeksekusi lebih cepat daripada pesaingnya. Maka lebih baik baginya untuk tidak mengumumkannya sebelum dia meluncurkan produk.

Baca Juga: Mau jualan di Shopee, simak dulu cara buka akun toko onlinenya


Reporter: Noverius Laoli
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×