kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data melonjak di Amerika Latin, AS, dan China, kasus corona dunia tembus 8 juta!


Selasa, 16 Juni 2020 / 07:04 WIB
Data melonjak di Amerika Latin, AS, dan China, kasus corona dunia tembus 8 juta!
ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona. REUTERS/Caitlin Ochs


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kasus global virus corona baru mencapai lebih dari 8 juta pada hari Senin (15/6/2020). Kondisi ini terjadi ketika jumlah infeksi melonjak di Amerika Latin dan Amerika Serikat. Sementara, China harus kembali bergulat dengan wabah baru.

Melansir Reuters, Amerika Serikat masih mencatatkan angka infeksi tertinggi di dunia yang mencapai sekitar 2 juta atau 25% dari semua kasus yang dilaporkan. Namun, wabah ini tumbuh paling cepat di Amerika Latin, yang sekarang merupakan 21% dari semua kasus, menurut penghitungan Reuters.

Kasus dan kematian COVID-19 Brasil telah melonjak untuk menjadikannya sebagai hot spot nomor dua di dunia.

Baca Juga: Jubir: Beijing masuki periode luar biasa, kita harus ambil pelajaran dari rasa sakit

Mengingatkan saja, kasus pertama dilaporkan di Tiongkok pada awal Januari. Sejak saat itu, butuh hingga awal Mei untuk mencapai 4 juta kasus. Menurut penghitungan Reuters, diperlukan hanya lima minggu untuk menggandakan menjadi 8 juta kasus.

Kematian global mencapai lebih dari 434.000 dan meningkat dua kali lipat dalam tujuh minggu.

Para ahli kesehatan Brasil mengatakan, meskipun angka kematian resmi Brasil dari pandemi telah meningkat menjadi hampir 44.000, dampak sebenarnya kemungkinan jauh lebih besar daripada data menunjukkan. Alasannya, kurangnya pengujian yang meluas di negara terbesar di Amerika Latin itu.

Baca Juga: Angka Penularan Melonjak, China Siaga Hadapi Wabah Corona Jilid Dua

Di Amerika Serikat, yang angka kematian corona mencapai lebih dari 116.000 kasus, pengujian masih meningkat beberapa bulan setelah dimulainya wabah.

Setelah kasus menurun di sebagian besar Amerika Serikat selama berminggu-minggu, banyak daerah sekarang melaporkan rekor kasus baru dan rawat inap. Ketakutan akan gelombang kedua di negara-negara yang dilanda pukulan keras - atau kegagalan untuk menguasai gelombang pertama di beberapa negara lain - telah menyebabkan para pakar kesehatan memohon masyarakat untuk memakai masker, menghindari pertemuan besar dan menjaga jarak sosial.

Baca Juga: UPDATE corona di Jakarta Senin (15/6) positif 9.120 sembuh 4.195 meninggal 557

Kini, China juga bergulat dengan kebangkitan virus. Setelah hampir dua bulan tanpa infeksi baru, ibukota Beijing telah melihat lonjakan dalam kasus-kasus yang terkait dengan pasar makanan grosir terbesar di Asia.




TERBARU

[X]
×