kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DBS umumkan akuisisi 13% saham Shenzhen Rural Commercial Bank Corporation


Selasa, 20 April 2021 / 20:31 WIB
DBS umumkan akuisisi 13% saham Shenzhen Rural Commercial Bank Corporation
ILUSTRASI. Logo DBS Bank.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. DBS Group Holdings Ltd mengumumkan memperkuat posisi di pasar perbankan China. Melalui anak perusahaannya yakni DBS Bank Ltd (DBS) akan mengakuisisi 13% saham Shenzhen Rural Commercial Bank Corporation Limited (SZRCB).

DBS telah mencapai kesepakatan dan mendapatkan persetujuan dari Monetary Authority of Singapore (MAS) dan China Banking and Insurance Regulatory Commission, Shenzhen Office (Shenzhen CBIRC) untuk memiliki 13% saham SZRCB senilai RMB 5,286 juta atau setara dengan S$ 1,079 juta.

Investasi ini sejalan dengan strategi dari DBS Group untuk berinvestasi di negara-negara yang merupakan pasar utama dan mempercepat expansinya di pasar yang saat ini tumbuh pesat yaitu Greater Bay Area Tiongkok (GBA). Lebih lanjut, DBS akan mengakuisisi 1,35 miliar saham baru dari SZRCB dengan harga RMB 3,91 per saham. Hal itu merepresentasikan 1,01 kali nilai buku per saham dari SZRCB per tanggal 31 Desember 2020. 

Baca Juga: OJK minta perusahaan asuransi selesaikan pengaduan unitlink

Setelah proses investasi ini selesai, DBS akan menjadi pemegang saham terbesar dari SZRCB dan akan memiliki perwakilan dalam dewan direksi dari SZRCB. Dampak dari investasi ini akan kurang dari 0,2 percentage points dari rasio kecukupan modal DBS group (CAR).

Selain itu, lewat aksi ini diperkirakan untuk meningkatkan pendapatan dan Return on Equity (ROE) secara cepat. Investasi ini akan didanai dari dana internal dan diperkirakan akan menyelesaikan proses investasi ini setelah mendapatkan persetujuan dari China Securities Regulatory Commission (CSRC).

“Kami bangga dapat menjadi pemilik saham terbesar dari SZRCB dan memiliki kesempatan untuk membangun value proposition yang unik dengan SZRCB di GBA dan sekitarnya. Kami melihat ini sebagai kemitraan strategis yang saling melengkapi dimana memungkinkan kami untuk tumbuh di GBA dan memanfaatkan keahlian dan jejaring lokal guna memperdalam  strategi GBA dari DBS,” ujar Piyush Gupta, CEO dari DBS dalam keterangan tertulis pada Selasa (20/4).

Lanjutnya, DBS akan mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dan transformasi digital dari SZRCB melalui jangkauan regional dan kapabilitas digital yang dimiliki.




TERBARU

[X]
×