kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Demi kesepakatan dagang, Jepang akan menghapus tarif impor wine dari AS


Minggu, 15 September 2019 / 14:23 WIB

Demi kesepakatan dagang, Jepang akan menghapus tarif impor wine dari AS
ILUSTRASI. Minuman fermentasi anggur atau wine

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pemerintah Jepang telah sepakat untuk menghapuskan tarif impor wine dari Amerika Serikat sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan bilateral yang diperkirakan akan ditandatangani pada akhir bulan ini.

Dikutip Reuters dari Nikkei, Jepang akan menghilangkan tarif anggur AS dalam waktu lima hingga tujuh tahun setelah perjanjian perdagangan berlaku. 

Baca Juga: Menlu Amerika salahkan Iran atas penyerangan fasilitas minyak Arab Saudi

Jepang sendiri telah mengenakan pajak impor anggur sebesar 15% atau 125 yen per liter tergantung mana yang lebih murah. Penghapusan tarif impor ini dapat memotong biaya sekitar 13% bagi distributor anggur.

Perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat dan Jepang, yang diharapkan akan ditandatangani di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB, juga diperkirakan akan secara bertahap menurunkan tarif impor daging sapi AS menjadi 9% pada tahun 2033 dari saat ini 38,5%.

Sebelumnya pada bulan lalu, Amerika Serikat dan Jepang pada prinsipnya sepakat pada elemen inti dari kesepakatan perdagangan bebas yang akan mendinginkan perselisihan perdagangan antara negara bersekutu ini.

Baca Juga: AS bersiap melepas cadangan minyak darurat setelah serangan Saudi

Di sisi lain, Amerika Serikat juga berusaha mengurangi perang dagang dengan China yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun.

Deputi perdagangan Tiongkok diperkirakan akan bertemu dengan perwakilan AS mereka di Washington sebelum pertemuan tingkat menteri pada awal Oktober di ibukota AS.


Sumber : Reuters
Editor: Tendi
Video Pilihan


Close [X]
×