kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demi Menghindari Pajak yang Tinggi, Ini yang Dilakukan Orang Kaya di AS


Jumat, 24 Februari 2023 / 15:51 WIB
Demi Menghindari Pajak yang Tinggi, Ini yang Dilakukan Orang Kaya di AS
ILUSTRASI. Ada berbagai cara dilakukan untuk mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan yang dilakukan orang kaya di AS. REUTERS/Jeenah Moon


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Membayar pajak telah menjadi salah satu hal yang kalau bisa dihindari oleh orang-orang. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Praktik tersebut sudah banyak dilakukan oleh orang-orang kaya di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa tahun. Cara-cara tersebut berhasil mengurangi kewajiban bayar pajak hingga US$ 160 miliar per tahun.

Mengutip dari USA Today Jumat (24/2), Departemen Keuangan AS mencatat setidaknya ada 1% orang kaya teratas di AS yang berhasil melakukan praktik-praktik tersebut. Namun, cara menghindar dari pajak-pajak yang tinggi ini dilakukan dengan cara legal.

Baca Juga: Data Ekonomi AS Positif, Posisi Indeks Dollar AS Kian Perkasa

Salah satu cara yang banyak dilakukan ialah dengan berinvestasi pada sebuah yayasan swasta. Cara ini bisa menghindari membayar pajak penghasilan langsung hingga 30% dari pendapatan kotor dengan membayar pajak 5% untuk tujuan amal.

Cara lainnya yang bisa digunakan ialah dengan pemberian hadiah yang bisa terhindar dari bebas pajak jika tidak melebih batas hadiah yang diberikan. Seperti diketahui, pemberian hadiah tahunan dengan maksimal US$ 17.000 per orang bisa bebas pajak.

“Jika anda memiliki tiga anak dan 10 cucu, dikalikan dua (anda dan pasangan), itu berarti US$ 34.000 per tahun untuk semua 13 orang yang berasal dari harta milik Anda dan bebas pajak hadiah,” kata David Handler, mitra Trusts and Estates Practice Group di Kirkland & Ellis LLP.

Selain itu, cara lain yang biasa dilakukan oleh orang-orang kaya ini adalah berinvestasi. Sehingga, meskipun ada pengeluaran pajak yang harus dibayar, setidaknya ada keuntungan lain yang tidak langsung kena pajak.

Para orang-orang kaya ini memiliki pendapatan lebih banyak dari investasi yang dapat menghasilkan bunga, dividen, capital gain, atau sewa jika mereka memiliki real estat.

Praktik lainnya yang biasa dipakai untuk menghindar dari pajak yang tinggi adalah dengan berpindah tempat tinggal ke wilayah yang kerap disebut sebagai surga pajak. Memang, cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang terlewat kaya.

Bagi warga AS, Puerto Rico menjadi sangat menarik karena penduduk Puerto Rico dapat mempertahankan kewarganegaraan AS mereka, menghindari pajak pendapatan federal AS atas capital gain, termasuk capital gain yang bersumber dari AS, dan menghindari pembayaran apa pun pajak penghasilan atas bunga dan dividen dari sumber Puerto Rico.

Baca Juga: China Melampaui AS dalam Produksi Kapal Perang, Amerika Ketar-ketir

Biasanya, pembayar pajak AS harus melepaskan kewarganegaraan AS atau kartu hijau mereka untuk mendapatkan keuntungan pajak federal. Namun, tidak semua orang siap untuk melakukan lompatan itu.

Cara-cara diatas merupakan segelintir dari cara legal lainnya untuk menghindari pajak AS yang tinggi. Hanya saja, kini beberapa negara bagian telah memiliki strategi pendekatan agar orang-orang tidak bisa lagi menghindar dari membayar pajak.

California, Connecticut, Hawaii, Illinois, Maryland, Minnesota, New York, dan Washington memperkenalkan proposal untuk mengenakan pajak kepada orang kaya. Setiap negara bagian memiliki pendekatannya sendiri, tetapi strategi tipikal termasuk memajaki aset dan menurunkan ambang batas pajak properti.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×