Departemen Kehakiman AS Temukan Lebih Banyak Dokumen Rahasia di Rumah Joe Biden

Minggu, 22 Januari 2023 | 13:27 WIB Sumber: Reuters
Departemen Kehakiman AS Temukan Lebih Banyak Dokumen Rahasia di Rumah Joe Biden

Departemen Kehakiman AS Temukan Lebih Banyak Dokumen Rahasia di Rumah Joe Biden


KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Penggeledahan baru di rumah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Wilmington, Delaware, pada Jumat yang dilakukan Departemen Kehakiman AS menemukan enam barang lagi, termasuk dokumen dengan tanda klasifikasi.

Pengacara Biden Bob Bauer mengatakan, Beberapa dokumen rahasia negara yang ditemukan berasal dari masa Biden menjadi anggota Senat AS. Biden diketahui menjadi anggota Senat AS mewakili Delaware dari 1973-2009. 

Dokumen rahasia lainnya ditemukan dari masa jabatan Biden sebagai Wakil Presiden periode 2009 hingga 2017.

Departemen Kehakiman AS, yang melakukan penggeledahan selama lebih dari 12 jam, juga mencatat beberapa catatan yang ditulis tangan Biden secara pribadi sebagai wakil presiden, menurut pengacara tersebut.

Baca Juga: Penasihat Khusus Ditunjuk Selidiki Penangangan Dokumen Rahasia di Rumah Biden

Biden menawarkan akses :ke rumahnya untuk memungkinkan Departemen Kehakiman AS melakukan pencarian di seluruh tempat untuk mencari catatan wakil presiden yang potensial dan materi rahasia yang potensial," kata Bauer.

Baik Biden maupun istrinya tidak hadir selama penggeledahan, kata pengacara tersebut. Biden berada di Pantai Rehoboth, Delaware, untuk akhir pekan.

Penyelidik Departemen Kehakiman mengoordinasikan pencarian dengan pengacara Biden sebelumnya, kata Bauer, dan pengacara pribadi presiden serta Gedung Putih hadir pada saat itu.

Catatan rahasia pemerintah lainnya ditemukan bulan ini di kediaman Biden di Wilmington, dan pada bulan November di kantor pribadi yang dia kelola di wadah pemikir Washington, D.C., setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai wakil presiden dalam pemerintahan Obama pada tahun 2017.

Pada hari Sabtu, Bauer tidak menjelaskan dalam pernyataannya di mana dokumen-dokumen itu ditemukan di rumah Wilmington. Dokumen rahasia sebelumnya ditemukan di garasi rumah dan di ruang penyimpanan terdekat.

Baca Juga: Dokumen operasi mata-mata Rusia dukung kemenangan Trump bocor, begini peran Putin

Pencarian menunjukkan penyelidik federal dengan cepat bergerak maju dengan penyelidikan ke dalam dokumen rahasia yang ditemukan dalam kepemilikan Biden. Bulan ini, Jaksa Agung AS Merrick Garland menunjuk penasihat khusus untuk menyelidiki masalah tersebut.

Penasihat khusus Robert Hur, yang ditunjuk selama proses tersebut, sedang menyelidiki bagaimana presiden dan timnya menangani dokumen rahasia era Obama yang baru-baru ini ditemukan dalam kepemilikan pribadi Biden.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru